Edukasi Pembuatan Media Presentasi Interaktif dengan Memanfaatkan Mentimeter
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpm.v3i2.434Keywords:
Presentasi, Aplikasi, Mentimeter, InteraktifAbstract
Dampak merebaknya Corona Virus Disease (Covid-19) langsung dirasakan pada semua lini pendidikan, mulai dari TK bahkan sampai perguruan tinggi. Berbagai institusi serta tenaga pengajar melakukan pelatihan untuk mengasah kemampuan dalam memanfaatkan aplikasi demi mendukung kegiatan belajar mengajar atau presentasi secara online. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam mendukung proses belajar mengajar adalah mentimeter. Fitur utama dalam mentimeter yaitu menciptakan presentasi interaktif, melakukan voting, mengumpulkan data, dan pendapat dari para peserta dengan menggunakan smartphone atau PC. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara online dengan menggunakan zoom meeting. Pada saat pengabdian kepada masyarakat pemateri menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi. Peserta dari pengabdian yang dilakukan adalah tenaga pengajar yang berjumlah 30 orang. Pada akhir pelatihan dilakukan evaluasi terhadap pelatihan mentimeter penilaian berupa tingkat kemanfaatan mentimeter sebesar 8,6. Penyajian materi mentimeter mendapatkan nilai rata-rata 7,6. Peserta akan mereferensikan training ini untuk orang lain mendapatkan nilai rata-rata 8,2. Dengan adanya training ini, peserta rata-rata ingin mengikuti training lagi dengan nilai rata-rata 8,5.
References
Gikas, J., & Grant, M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & socialmedia. Internet and Higher Education.
Guna, M. A., & Samudro R, D. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal (Strudi Kasus pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI periode 2012-2016). Diponegoro Journal Of Management, 7(2).
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kuntarto, E. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and BIODIK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06(02), 214–224.
Nugrahani, F. (2017). The Development of Film-Based Literary Materials Which Support Character Education, Cakrawala Pendidikan. 472-486.
Pradana, & Casman. (2020). Pengaruh Kebijakan Social Distancing pada Wabah Covid-19 Terhadap Kelompok Rentan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. JKKI, 61–67.
Purwanto, Djoko. (2003). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Rahayu, W. A. (2016). Jurnal Dinamika DotCom, Vol. 7, No. 1, 41-46.
Sumardi, & Falah. (2020). Baitul Mal dan tantangan kemiskinan dampak pandemic Covid-19 perspektif filsafat Hukum Islam.
Sutomo, Erwin. (2007). 9 Presentasi Kreatif dengan Power Point. Yogyakarta: Andi Offset.
Triwahyuni, T. C. dan Kadir A. (2004). Presentasi Efektif dengan Microsoft Power Point. Yogyakarta: Andi Offset.
Wawan, & Winanti. (2020). Menyelamatkan Kelompok Rentan: Kebijakan Inklusif Penanganan Dampak Covid-19. Policy Brie, Edisi 5, 30–36.
Yulianti, R., & Latief, M. A. (2014). Puppet and Pop Up Pictures As The Story Telling Media to Build Students' Motivation in English Competition, The 61st TEFLIN International Conference, 900-905.
Yuliana. (2020). Suatu tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine. Corona Virus Diseases (Covid-19), 197–202.
Zhang, D., & Zhao, J. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM.