Pelatihan Manajemen Bersosial Media Dalam Strategi Pemasaran Paguyuban Jip4x4 Bromo Tengger Semeru Kabupaten Malang

  • Justita Dura Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Mariana Puspa Dewi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Lussia Mariesti Andriany Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Fadilla Cahyaningtyas Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Mulyaningtyas Mulyaningtyas Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: Social Media, Pemasaran Jasa, UMKM

Abstract

Paguyuban Jip Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu UMKM yang terletak di Jawa Timur dengan usaha transportasi ke Bromo Semeru. UMKM ini merupakan usaha yang berbeda dengan lainnya, di mana tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Untuk itu, pengelolaan pemasaran paguyuban Jip harus dapat dilakukan secara produktif, efektif, dan efisien. Untuk mencapai kemampuan pengelolaan tersebut, umkm ini harus dapat berusaha secara luwes sehingga mampu bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya dalam menjalakan usahanya. Salah satunya disebabkan kurang professionalnya pengurus dalam mengelola usahanya. Oleh karena itu, paguyuban Jip ini harusnya mampu meningkatkan kualitas pengelolaan pemasaran dalam bersosial media. Tujuan dalam pelatihan adalah para pengurus dan anggota paguyuban bisa mengelola social media dengan baik dalam melakukan pemasaran jasa. Metode pengabdian yang digunakan dengan melalui pelatihan dengan metode presentasi, Tanya jawab, dan praktik. Dengan adanya pelatihan manajemen bersosial media ini, tingkat pemasaran para driver jip bromo tengger semeru diharapkan bisa meningkat.

References

Eagleman, A.N., 2013. Acceptance, motivations, and usage of social media as a marketing communications tool amongst employees of sport national governing bodies. Sport Management Review, 16(4), 488–497. Haryani, S., dan Motwani, B., 2015. Discriminant model for online viral marketing influencing consumers behavioural intention. Pacific Science Review B: Humanities and Social Sciences, 1(1), 49–56.

Öztamur, D., dan Karakadılar, S.İ., 2014. ScienceDirect Exploring the role of social media for SMEs: as a new marketing strategy tool for the firm performance perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150, 511–520.

Rahmana, A., 2009. Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (pp. 11–15). Yogyakarta.

Widiyanto, I., dan Prasilowati, S.L., 2015. Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 109–112.

Published
2020-08-07
How to Cite
Dura, J., Puspa Dewi, M., Mariesti Andriany, L., Cahyaningtyas, F., & Mulyaningtyas, M. (2020). Pelatihan Manajemen Bersosial Media Dalam Strategi Pemasaran Paguyuban Jip4x4 Bromo Tengger Semeru Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-8. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/203