Sosialisasi Pentingnya Pengembangan UMKM di Dusun Babakan Banten
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1341Keywords:
Pengembangan UMKM, E-commerce, Iklan Digital, BrandingAbstract
Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan bagian dari kegiatan ekonomi masyarakat yang saat ini semakin dikembangkan. Hal ini dikarenakan keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam mengembangkan perekonomian warga. Berdasarkan survey UMKM di Dusun Babakan Banten masih terdapat hambatan yang menjadi pelemahan eksistensi dari UMKM yaitu kurangnya pengetahuan tentang pengembangan UMKM, salah satunya cara memasarkan produk dengan baik. Dalam hal ini Penulis memberikan sosialisasi kepada warga Dusun Babakan Banten terkait pemasaran suatu produk melalui e-commerce dan iklan produk yang didasari dengan branding produk tersebut. Pengabdian ini dilakukan melalui 3 kegiatan sosialisasi dengan metode presentasi, tanya jawab, dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta dapat memahami dan menerapkan terkait pengembangan UMKM dengan cara memasarkan produk yang baik dan benar melalui e-commerce, iklan digital yang didasari branding produk tersebut.
References
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92–101.
Dini. (2022a). Wawancara Geografis di Dusun Babakan Banten.
Dini. (2022b). Wawancara Kelemahan UMKM Dusun Babakan Banten.
Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 1179–1184.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.
Kaaryati, I. P. (2019). E-Commerce untuk UMKM Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.
Kadeni, N. S. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191–200.
Lestari, K. D., Milandia, L. O., Pangestuti, R. S., Manajemen, P., & Islam, U. (2022). Sosialisasi Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Remaja melalui Komunikasi yang Baik antar Orang Tua & Anak Remaja di Lingkungan Pondok Ungu Permai dan Kampung Dua. 3, 133–140.
Miftakhurrohmah, A., & Siaga Pangestuti, R. (2022). Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual di Kelurahan Cakung Timur-Jakarta Timur. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 80–88. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.297
Oktaviani, L., Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 369–37.
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40–52.
Rakanita. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. News.Ge, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35.
Sulistio. (2017). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. 1–16.
Suryadi. (2022). Wawancara UMKM Dusun Babakan Banten.
Undari, W., & Lubis, A. S. (2021). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 32–38.
Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 31–36.
Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86–99.
Wijayanto, F., Maulana, H., & Siaga, R. (2022). Supporting Pencegahan Kekerasan Seksual di Desa Duren Jaya dan Perum Antariksa Permai Sexual Violence Prevention Support at Duren Jaya dan Perum Antariksa Permai. 3, 141–146.