Pelatihan Keterampilan Mengajar Di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.305Keywords:
Pelatihan, Keterampilan, MengajarAbstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru untuk melaksanakan tugas mengajar secara profesional. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh Dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang bekerja sama dengan Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang. Kegiatan ini memberikan solusi bagi permasalahan yang dialami mitra. Solusi tersebut meliputi pelatihan keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi kelompok, keterampilan mengajar kelompok kecil dan mengajar perseorangan, serta keterampilan mengelola kelas. Hasil kegiatan ini guru mampu menguasai sembilan keterampilan dasar mengajar. Kegiatan pelatihan keterampilan dasar mengajar dilaksanakan selama tiga hari dan memberikan pengalaman, pemahaman dan membantu para pengajar dalam mengoptimalkan peran di dalam kelas.
References
Alma, et al., (2012) Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Asril, Zainal. (2011). Micro Teaching: Disertai dengan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali.
Daryanto, & Farid, M. (2015). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Jupriyanto dan Nuridin. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Lonin. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 4, No. 1. Maret 2019. Hal. 14 – 18. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944
Kristiana, Dini dan Muhibbin, A. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar dalam Pembelajaran Matematika D SMP. Jurnal Managemen Pendidikan. Vol. 13, No. 2, Desember 2018: 204-209. DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1
Kusnadi. (2008). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau.
Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi (Suatu Proses Pembelajaran Micro). Jurnal el-Ghiroh, vol.12, no. 01, pp. hal 130–147. DOI: https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v12i1.31
Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Professional. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurlaili, (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Perspektif Guru Pamong Pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI. Vol. 4, No 1, Juni 2018. DOI https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2270
Safitri, Eka dan Sontani, Uep Tatang. (2016). Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, hal. 144-153 DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3258
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Siswanto. (2010). Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. VIII. no. 2, pp. hal 41 – hal 51. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.953.
Sundari, N. (2014). Optimalisasi Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa dengan Menarapkan Model Berbasis Masalah dalam Pembelajaran IPS di SD. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 2. Hal. 125-135. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4577
Sundari, Fitri Siti dan Muliyawati, Yuli. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD. PEDAGONAL Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. 1 No. 1. Tahun 2017. Hal. 26-36. DOI: 10.33751/pedagog.v1i1.225
Sutardi, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan IPS , 3 (2), 188-189. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400
Uno, H. B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.