Sosialisasi Pelaporan Perpajakan Bagi BUMDes Dan Pelaku UMKM Berbasis IT Di Desa Loa Duri Ulu
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1108Keywords:
Sosialisasi, SPT Tahunan, BUMDES, UMKMAbstract
Sosialisasi dan pelatihan keterampilan sistem pelaporan perpajakan bagi BUMDES dan pelaku UMKM merupakan salah satu langkah meningkatkan kemampuan para pengusaha mikro kecil dan menegah yang terdapat di Desa Loa Duri Ulu. Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2022, sebelum tanggal terakhir pelaksanaan pelaporan perpajakan bagi pelaku usaha. Tim pengabdi adalah dosen yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan pengalaman dalam bidang perpajakan. Tujuan dari pelatihan ini, khususnya bagi BUMDes dan pelaku UMKM adalah untuk meningkatan kemampuan melaksanakan kewajiban perpajakan melalui web DJP online dan aspek lain yang berhubungan dengan hal tersebut. Kegiatan dimulai dari persiapan dengan menganalisis kebutuhan pelatihan, merumuskan tujuan pelatihan, mempersiapkan materi dan melaksanakan pelatihan. Metode pelatihan dilakukan dengan memberikan ceramah, diskusi, tanya jawab dan pelatihan pelaporan perpajakan yaitu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan teknis bagi BUMDes dan pelaku UMKM dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya terutama pajak penghasilan, yaitu cara pengisian SPT tahunan sebagai orang pribadi maupun badan.
References
Agun, W. A. N. U., Datrini, L. K., & Amlayasa, A. B. (2022). Kepatuhan Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan Orang Pribadi. WICAKSANA: Jurnal Lingkungan Dan Pembangunan, 6(1), 23–31.
Atarwaman, R. J. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 6(1), 39–51.
Fenty, F. (2019). Potensi Pajak Pelaku UMKM Digital & Kewajiban Zakat. Seminar Nasional Dan Call Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen (SAMBIS-2019), 32, 258–286.
Firdaus, R. A. (2021). Pelayanan Perpajakan Di Masa Pandemi Covid-19: Apa Yang Berubah Dan Bagaimana Respons Pegawai Garis Depan ? Jurnal Pajak Indonesia, 5(2), 224–240.
Harsono, B., Hendi, H., Nazara, E. P., Tryany, J., Natalia, S. C., Selvia, S., & Frederica, V. (2022). Sejak Muda Sadar Pajak–Peran Generasi Milenial Dalam Peningkatan Pengetahuan Untuk Kepatuhan Wajib Pajak Demi Pemulihan Ekonomi. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 499–505.
Jaya, W. K. (2010). Kebijakan Desentralisasi Di Indonesiadalam Perspektif Teori Ekonomi Kelembagaan.
Junaidi, J. (2020). Pendampingan Pengelolaan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ladongi, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.35906/resona.v4i1.286
Lende, A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2021). Pengaruh Kemanfaatan Npwp, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kecamatan Gianyar. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(1).
Nasution, N. A., & Fitriani, A. (2019). Tata Cara Pelaporan Pajak Terhutang Surat Pemberitahuan Masa Terhadap Pajak Pertambahan Nilai Pada Cv. Bina Pratama Rekayasa. Jurnal Perpajakan, 1(2), 29–40.
Nopiana, P. R., & Natalia, E. Y. (2018). Analisis Sosialisasi Pajak Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Wajib Pajak Di Kepulauan Riau. Jurnal Benefita, 3(2), 277–290. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.3498
Prabowo, A. D. (2015). Efektivitas Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan, Penyuluhan, Dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tondano. Jurnal Emba, 3(1), 1063–1070.
Se, H., & Langga, L. (2021). Peranan BUMDes dalam Mendukung Perekonomian dan Meningkatkan Kesejateraan Masyarakat Desa Watusipi Kecamatan Ende Kabupaten Ende. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(1), 75. https://doi.org/10.35906/resona.v5i1.665
Syadat, F. A., Kusyeni, R., & Fauziah, E. (2022). Analisis Efektivitas Edukasi Perpajakan bagi Generasi Milenial melalui Media Sosial Instagram dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak (Studi Kasus di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat II). Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 9(1), 70–81.
Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi dalam Pelayanan Publik di Era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18.
Tawas, V. B. J., Poputra, A. T., & Lambey, R. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Spt Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Bitung). Jurnal EMBA, ISSN 2303-1174, 4(4), 912–921.