Penerapan Teknologi Tepat Guna Berbasis Energi Terbarukan di desa Kiama Kabupaten Kepulauan Talaud

  • Meita Rumbayan Universitas Sam Ratulangi
  • Sherwin Sompie Universitas Sam Ratulangi
  • Rilya Rumbayan Universitas Sam Ratulangi
Keywords: Teknologi tepat guna, energi terbarukan, masyarakat kepulauan, energi surya, Energi angin

Abstract

Fokus kegiatan pengabdian masyarakat di desa Kiama ini untuk memberikan solusi terhadap masalah keterbatasan energi listrik yang dialami oleh masyarakat di kepulauan Talaud. Tujuan pengabdian masyarakat sebagai hilirisasi hasil riset penulis tentang teknologi energi terbarukan untuk masyarakat kepulauan. Metode pengabdian masyarakat ini adalah (1) Penerapan teknologi tepat guna berbasis energi terbarukan berupa lampu jalan tenaga surya dan tenaga angin untuk peningkatan akses listrik; (2) Pelatihan dan bimbingan teknis oleh tim pelaksana kepada mitra mengenai pengoperasian dan perawatan sistem teknologi tepat guna yang diterapkan. Melalui transfer teknologi dalam kegiatan IbM ini diharapkan implementasi teknologi terjaga kelanjutannya; Hasil pengabdian masyarakat adalah instalasi penerapan teknologi tepat guna berupa tenaga surya dan tenaga angin dan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai teknologi tepat guna yang dilakukan melalui pelatihan ke mitra masyarakat karang taruna di desa Kiama Kabupaten Kepulauan Talaud.

References

Khan, S & Azad, A. K, (2014). Social Impact of Solar Home System in Rural Bangladesh, IAFOR Journal of Sustainability, Energy and the Environment, International Academic Forum, Japan.
Rumbayan, M., Sompie, S & Rumbayan, R. (2019). Program Pengembangan Desa Mitra di Kiama Kabupaten Talaud: Penerapan Teknologi Tepat Guna Penerangan Listrik Energi Terbarukan dan Rumah Tahan Gempa, Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, Politeknik Ujungpandang, Indonesia. Hal. 415-420.
Rumbayan, M. (2017). Introduksi Teknologi Biogas Sebagai Energi Terbarukan untuk Masyarakat Pedesaan, Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian) Vol. 6 no 1, Unisba, Bandung, Indonesia.
Rumbayan, M., Tangkuman, S., & Sompie, S. (2018). Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Skala Rumah Sederhana di Desa Lahopang Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara, Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian) Vol. 6 no 1, Unisba, Bandung, Indonesia.
Published
2020-11-03
How to Cite
Rumbayan, M., Sompie, S., & Rumbayan, R. (2020). Penerapan Teknologi Tepat Guna Berbasis Energi Terbarukan di desa Kiama Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 97-104. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.297