Peningkatan Kualitas Pakan Ternak dengan Teknik Fermentasi pada Kelompok Usaha Ternak Kambing di Desa Patumbak I Deli Serdang

Authors

  • Fitrawaty Fitrawaty Universitas Negeri Medan
  • Herbert Sipahutar Universitas Negeri Medan
  • Alkhafi Maas Siregar Universitas Negeri Medan
  • Mukti Hamjah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Deo Demonta Panggabean Universitas Negeri Medan
  • Dedy Husrizal Syah Universitas Negeri Medan http://orcid.org/0000-0003-3327-0659

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1336

Keywords:

Pelatihan, Pendampingan, Peraut Lidi, Fermentasi

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di desa Patumbak 1, kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini didasari oleh kendala yang dialami oleh kelompok peternak kambing dalam mengolah pakan ternak melalui fermentasi dengan memanfaatkan libah daun kelapa sawit dimana ternak tersebut kurang dapat mencerna pakan akibat tidak dapat mencerna lidi yang terikut dibuat sebagai pakan ternak permentasi. Kelompok yang beranggotakan 7 orang mempunyai ternak sebanyak 37 ekor kambing. Dengan pemberian pakan yang kurang baik, kelompok ini kurang baik dalam mengembangkan ternaknya baik secara kualitas maupun kuantitas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh mitra dan meningkatkan manajemen usahanya melalui penerapan sistem pembukuan usaha. Metode yang dilakukan pendampingan,pembinaan dan penerapan teknologi tepat guna mesin pemisah lidi kelapa sawit dari daunnya sehingga daun yang diolah dapat dicerna oleh hewan lebih optimal dan tidak menyebabkan penyakit. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan kurun waktu bulan ini menghasilkan peningkatan kualitas pakan ternak mitra dengan diberikannya alat teknologi tepat guna mesin peraut lidi, serta menambah wawasan dan pengetahuan mitra dalam proses pengolahan pakan ternak fermentasi yang baik dengan berdampak pada peningkatan kuantitas dan kulitas ternak yang dikembangkan. Penerapan sistem pembukuan keuangan berdampak pada peningkatan manajemen usaha sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis usaha peternakannya.

References

Badan Pusat Statistik, D. S. (2018). Kabupaten Deli Serdang dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik.

Fajri, S., Manurung, A. A., Batubara, L. R., & Marpaung, M. R. (2022). Sosialisasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan menerapkan pertanian modern dengan budidaya hidroponik. COMUNITARIA, 2(1), 62–66.

Haq, M., Fitra, S., Madusari, S., & Yama, D. I. (2018). Potensi kandungan nutrisi pakan berbasis limbah pelepah kelapa sawit dengan teknik fermentasi. Prosiding Semnastek.

Hidayah, N., Artdita, C. A., & Lestari, F. B. (2019). Pengaruh karakteristik peternak terhadap adopsi teknologi pemeliharaan pada peternak kambing Peranakan Ettawa di Desa Hargotirto Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Journal of Business and Management), 19(1), 1–10.

Kholis, A., Hidayat, T., & Harefa, K. (2021). Pembinaan Peternak Kambing Etawa Sebagai Wadah Pembentukan Wirausaha Baru Dalam Mendukung Implementasi Kampus Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat" Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 213–218.

Kriswanto, D. A., Cahya, A. D., & Lianus, J. (2021). Pengaruh Laporan Keuangan dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Usaha (Studi Kasus pada peternakan Kelinci Desa Karanganyar Gading Harjo Sanden Bantul Yogyakarta). Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 193–202.

Lubis, A. I. F., Sembiring, R., & Sari, W. I. (2020). Era Ekonomi Baru Terhadap Potensi Pengembangan Wilayah Untuk Memperkuat Ketahanan Pangan Sampai Tahun 2025. JEpa, 5(1), 22–33.

Manu, G., & Tantrisna, E. (2020). Perancangan Aplikasi Monitoring Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Internal Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 48–55.

Pamikatsih, M., & Latif, E. A. (2021). Penerapan Model Akad Mudharabah Pada Kelompok Ternak Akar Rumput untuk Menguatkan Pengembangan Ekonomi Syariah. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 17–32.

Rahmadsyah, R., Frannoto, F., Alamulhakim, A., Indra, A. M., Mulyadi, Y., Zuliandri, Z., Ilahi, R., Hafiz, M., Tianur, T., & Ramadhan, H. (2022). Teknologi Tepat Guna Pembuatan Mesin Peraut Daun Lidi Kelapa Sawit. COMUNITARIA, 2(1), 52–61.

Rinofah, R., Sari, P. P., & Kriswanto, D. A. (2022). Analisis pengaruh kemampuan menyusun laporan keuangan dan jiwa kewirausahaan terhadap kinerja operasional UMKM. INOVASI, 18(2), 369–376.

Sapar, S., Munarka, A. H., & Bustami, L. (2017). Pengabdian KKN-PPM di Desa Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Suryati, I. (2021). Pengaruh Ukuran Usaha Dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry Di Kecamatan Makasar Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 18–30.

Wirajaya, K. A., Putra, G. P. G., & Antara, N. S. (2016). Pengaruh lama fermentasi secara anaerob cairan pulpa hasil samping fermentasi biji kakao terhadap karakteristik alkohol. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 4(1), 82–91.

Yasa, I. N. A. (2021). Pelatihan Pencatatan Keuangan Dan Analisa Keuangan Sederhana Pada Peternak Ayam Pe℡Ur Di Desa Yangapi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 210–214.

Yuliyati, Y. B. (2018). Pembuatan Silase dari rumput gajah untuk pakan ternak di Desa Pasawahan kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 515–518.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Fitrawaty, F., Sipahutar, H., Siregar, A. M., Harahap, M. H., Panggabean, D. D., & Syah, D. H. (2023). Peningkatan Kualitas Pakan Ternak dengan Teknik Fermentasi pada Kelompok Usaha Ternak Kambing di Desa Patumbak I Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 223–235. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1336

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.