Optimalisasi Kelompok Wanita Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga Kecamatan Bulak - Surabaya

  • Ignatia Martha H. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nuruni Ika KW Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • sishadiyati sishadiyati UPN Veteran Jawa Timur
Keywords: Produk Olahan Ikan, Inovasi Produk, Pemasaran

Abstract

Kecamatan Bulak merupakan daerah yang terletak di Pesisir Pantai, yang di mana perekonomian masyarakat daerah tersebut sangat mengandalkan pada hasil sektor perikanan. Dengan banyaknya hasil perikanan yang dihasilkan tetapi masyarakat di sana masih belum dapat mengolah hasil perikanan tersebut untuk dijadikan produk olahan yang dapat meningkatkan pendapatan mereka sehingga ekonomi keluarga akan meningkat. Para wanita terutama istri nelayan didaerah tersebut banyak yang berkeinginan untuk membantu para suami mereka untuk mengolah produk makan hasil laut, maka mereka membentuk kelompok wanita yang bernama kelompok usaha wanita CIBUYAM dan SAKKE. Permasalahan yang dihadapi kelompok CIBUYAM ini diantaranya adalah pengolahan yang sederhana, jenis produk yang dihasilkan masih kurang menarik, tampilan produk sederhana, pemasaran yang masih sederhana dan sistem pencatatan keuangan yang masih belum ada.  Dalam mewujudkan semua itu tim melakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan kepada para wanita atau istri nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha wanita CIBUYAM. Pelaksanaan kegiatan pendampingan ini kurang lebih 4 bulan. Di masa pandemi covid-19 ini dilakukan pendampingan dengan cara daring untuk pemberian materi dan untuk praktik dilakukan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tujuan dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini untuk membantu para wanita yang tergabung dalam kelompok usaha CIBUYAM untuk lebih berinovasi, berusaha, dan berkreasi meningkatkan pendapatan ekonomi mereka. Solusi yang diberikan pelatihan mengolah produk makanan yang higenis dan sehat, melakukan diversifikasi produk, mengajarkan dan mempraktekkan bagaimana cara melakukan pemasaran online yang baik dan menarik, serta melatih membuat atau mendesain kemasan dan menyusun laporan keuangan yang sederhana

References

Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi, 219–231. https://doi.org/10.31947/kareba.v7i2.6907
Bugis, B. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengusaha Kecil/ Menengah Tidak Menata Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Yang Benar. Mega Aktiva: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(1), 28–38. http://dx.doi.org/10.32833/majem.v6i1.45
Bulan, T. P. L. (2017). Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Juragan Jasmine Langsa | Jurnal Manajemen dan Keuangan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 679–687.
Hartati, S. (2013). Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntansi & Investasi, 2(2), 1–6.
Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Shop Azzam Store). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), 127–138. http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v1i01.679
Shaferi, I., & Handayani, S. R. (2014). Identifikasi Pengelolaan Keuangan Terhadap Peluang Usaha Online. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 4(1), Article 1. http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/722
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13–24.
Published
2021-11-02
How to Cite
Martha H., I., Ika KW, N., & sishadiyati, sishadiyati. (2021). Optimalisasi Kelompok Wanita Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Keluarga Kecamatan Bulak - Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 62-72. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.814