Pelatihan Teknologi Akuaponik Dengan Sistem Budikdamber Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Budi Daya Pada Remaja

  • Iin Khoiriyah Ulfah Universitas Airlangga
  • Mohammad Ageng Prasetyo Universitas Airlangga
  • Recky Indar Maulana Universitas Airlangga
Keywords: Akuaponik, Budi daya, Budikdamber, Pertanian, Perikanan

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, terdapat berbagai macam inovasi sistem budi daya bermunculan. Akuaponik merupakan gabungan teknologi budi daya ikan dan tanaman dalam satu wadah. Dibandingkan dengan budi daya konvensional, teknologi akuaponik memiliki lebih banyak keunggulan. Sayangnya, kemajuan teknologi ini tidak sejalan dengan ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni. Remaja yang menjadi tonggak kemajuan sering menganggap bahwa pertanian dan perikanan adalah pekerjaan para orang tua sehingga tidak sesuai dengan mereka. Oleh karena itu, pelatihan akuaponik dengan sistem Budikdamber ini diselenggarakan dengan mengajak remaja di Desa Jambewangi untuk dapat meningkatkan pengetahuan tentang cara budi daya ikan dan tanaman yang terintegrasi melalui sosialisasi dan praktik lapangan. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan minat budi daya sehingga dapat turut andil dalam pengembangan inovasi terhadap potensi yang dimiliki daerahnya. SDM yang cerdas, berdaya guna dan berpotensi dapat memaksimalkan segala potensi dan kesempatan di sekitarnya, karena SDM yang berkualitas merupakan faktor penting dalam kemajuan suatu bangsa.

References

Akhirul, A., Witra, Y., Umar, I., & Erianjoni, E. (2020). Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk Terhadap Lingkungan Dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Kependudukan dan Pembangunan Lingkungan, 1(3), 76-84.

Apriyanti, R. N & Rahimah, D. S. (2016). Akuaponik Praktis – Serial Potential Business Trubus. Depok: Trubus Swadaya.

Arief, M., Fitriani, N., & Subekti, S. (2014). Pengaruh Pemberian Probiotik Berbeda pada Pakan Komersial terhadap Pertumbuhan Dan Efisiensi Pakan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias Sp.) [The Present Effect Of Different Probiotics On Commercial Feed Towards Growth And Feed Efficiency Of Sangkuriang Catfish (Clarias Sp.)]. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 6(1), 49-54.

Badan Pusat Statistik. (2021). Kecamatan Sempu Dalam Angka 2021. Banyuwangi: Badan Pusat Statistik.

Fathulloh, A. S., & Budiana, N. S. (2015). Akuaponik panen sayur bonus ikan. Penebar Swadaya Grup.

Hasan, Z., Andriani, Y., Dhahiyat, Y., Sahidin, A., & Rubiansyah, M. R. (2018). Pertumbuhan tiga jenis ikan dan kangkung darat (Ipomoea reptans Poir) yang dipelihara dengan sistem akuaponik. Jurnal Iktiologi Indonesia, 17(2), 175.

Kordi, K. M., & Ghufron, H. (2010). Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal. Yogyakarta. Lily Publisher.

Nugroho, R. A., Pambudi, L. T., Chilmawati, D., & Haditomo, A. H. C. (2012). Aplikasi teknologi aquaponic pada budidaya ikan air tawar untuk optimalisasi kapasitas produksi. Jurnal saintek perikanan, 8(1).

Nursandi, J. N. J. (2018). Budidaya Ikan Dalam Ember “Budikdamber” dengan Aquaponik di Lahan Sempit. In Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian.

Rakocy, J.E., M.P. Masser dan T.M. Lasordo. (2006). Resiculating Aquaculture Tank Production System: Aquaponic Intergrating Fish and Plant Culture. Cooperative State Research. United Stated.

Romdiyati. (2015). Minat Bertani Generasi Muda Menurun, Indonesia Terancam Krisis Petani. Diakses dari https://lipi.go.id/

Saputri, S. A. D., & Rachmawatie, D. (2020). Budidaya ikan dalam ember: strategi keluarga dalam rangka memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 2(1).

Somerville, C., Cohen, M., Pantanella, E., Stankus, A., & Lovatelli, A. (2014). Small-scale aquaponic food production: integrated fish and plant farming. FAO Fisheries and aquaculture technical paper, (589), I.

Surawidjaja, E. H. (2006). Akuakultur berbasis" Trophic Level": Revitalisasi untuk ketahanan pangan, daya saing ekspor dan kelestarian lingkungan.

Victoria, A. O. (2019). Kementerian KKP Keluhkan Generasi Milenial Tak Tertarik Bidang Perikanan. Diakses dari https://katadata.co.id/happyfajrian/berita/5e9a4e6008749/kementerian-kkp-keluhkan-milenial-tak-tertarik-bidang-perikanan

Wahyuningsih, H., & Supriharti, D. (2004). Kepadatan populasi Ikan Jurung (Tor sp.) di Sungai Bahorok Kabupaten Langkat. Jurnal Komunikasi Penelitian, 16(5),

Published
2022-11-07
How to Cite
Ulfah, I., Prasetyo, M., & Maulana, R. (2022). Pelatihan Teknologi Akuaponik Dengan Sistem Budikdamber Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Budi Daya Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 291-302. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i2.1099
Section
Kuliah Kerja Nyata