Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SD Negeri Pebatan 01

Authors

  • Komarudin Komarudin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Laelia Nurpratiwiningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1136

Keywords:

Pelatihan, Dasar Kepemimpinan, Kedisiplinan

Abstract

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V di SD N Pebatan 01 dalam mengikuti peraturan sekolah serta mengembangkan jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan menggunakan media papan tulis dan tanya jawab. Melalui penyuluhan tersebut, siswa diberikan pemahaman mengenai pentingnya disiplin dalam kehidupan mereka di sekolah maupun di luar sekolah. Mereka didorong untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab guna mendalami pemahaman tentang disiplin dan kepemimpinan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa berhasil mengembangkan jiwa kepemimpinan. Mereka mampu berpikir secara proaktif sebelum bertindak dan memiliki kemampuan untuk mengantisipasi masalah yang mungkin muncul. Selain itu, melalui penyuluhan ini, siswa semakin memahami pentingnya mengikuti peraturan sekolah dan menjaga kedisiplinan dalam semua aspek kehidupan mereka. Kesimpulannya, metode penyuluhan dan tanya jawab berhasil meningkatkan kedisiplinan siswa kelas V di SD N Pebatan 01 serta mengembangkan jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Harapannya, hasil pengabdian ini dapat memberikan sumbangan yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan dan kepemimpinan siswa di tingkat sekolah dasar. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya disiplin dan jiwa kepemimpinan, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang bertanggung jawab dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

References

Adinugraha, H. H., Sartika, M., Astuti, S. D., & Mahmud, M. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 251–257.

Ekhsan, M., & Mariyono, R. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan islami, budaya organisasi islami dan insentif terhadap produktivitas kerja karyawan PT Yanmar Indonesia. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 3(2), 265–275.

Fitrah, A. N. (2019). Implementasi Gaya Kepemimpinan Nabi Musa AS Dalam Pendidikan Karakter. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 176–189.

Hidayat, A., Fahmy, E., Rostikawati, D., Jati, W., & Abdi, Z. M. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(1), 72–75.

Marayasa, I. N., Yuangga, K. D., Ahidin, U., Sugiarti, E., & Kencana, P. N. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Taman Belajar Kreatif Mekarsari Kabupaten Bogor Jawa Barat. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 53–56.

Muhammad, A. F. N. (2017). Model Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran Di Kelas pada Jenjang SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 29–44.

Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 41–47.

Mumpuni, A., Nurbaeti, R. U., Purnomo, A., Sunarsih, D., Kurniawan, P. Y., Konilah, K., Ernilah, E., & Sukmawati, N. L. (2021). Pengelolaan kegiatan GLS di sekolah dasar selama pandemi covid-19. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98–111.

Pranatasari, F. D. (2022). Keberhasilan Transfer Pengetahuan dalam Suksesi Kepemimpinan melalui Pembelajaran Intergenerasional. Business Management Journal, 18(1), 1–15.

Reka, W., Burhanuddin, B., & Sunandar, A. (2020). Pembinaan Potensi Kepemimpinan Siswa Melalui Layanan Ekstrakurikuler. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 199–207.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 233–241.

Setyaputri, D. V. A., Fadilla, I. N. I., Nurpratiwiningsih, L., & Santika, A. (2022). Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 127–131.

Suharso, A. A. P., & Alfinur, A. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan (Leadership) Pada Anggota Osis Smk Pgri Turen Kabupaten Malang. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Suherni, E. S., Zohriah, A., & Fauzi, A. (2023). Analisis Teori Kepemimpinan Genetik, Sosial dan Ekologis Pada Kajian Manajemen Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(4), 15652–15661.

Downloads

Published

2023-05-03

How to Cite

Komarudin, K., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SD Negeri Pebatan 01. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 124–134. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1136

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.