Edukasi mengenalkan abjad menggunakan flashcard pada anak PAUD Mandiri desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung

  • Mutia Mawardah Universitas Bina Darma
  • Rina Oktaviana Universitas Bina Darma
  • Restika Restika Universitas Bina Darma
Keywords: Flashcard, Golden Age, Edukasi, PAUD

Abstract

Keahlian memahami huruf hendaknya diterapkan kepada anak secepatnya disaat umur 0- 6 tahun karna pada masa ini anak sedang berada pada masa keemasan (golden age).  Salah satu nya pada siswa di PAUD Mandiri desa Suka Negeri yang mana memang baru masuk sekolah dan belum bisa mengenal huruf abjad A-Z. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKN-T) ini penulis bertujuan untuk memberikan edukasi pengenalan abjad  menggunakan metode bermain sambil belajar dengan bantuan media flashcard  pada anak PAUD Mandiri Desa Suka Negeri. Kegiatan edukasi ini dilakukan di PAUD Mandiri yang di ikuti oleh 14 Orang siswa, yang dilakukan dalam 4 pertemuan sekaligus menyampaikan materi sehingga dari hasil program ini anak-anak PAUD Mandiri sudah bisa minimal mengenal huruf  vokal dengan baik. Luaran dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu semangat belajar anak agar tidak bosan dengan metode pembelajaran yang lama, sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik.

 

References

Carol, S., & Barbara, A. W. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT. Indeks.(Diakses 18 Desember 2019 Pukul 08.01).

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 66–73.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Hariyanto, A. (2009). Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: DIVA press.

Hasan, M. (2009). Pendidikan anak usia dini (Vol. 71). Yogyakarta: DIVA press.

Indriyani, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 90–96.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01–12.

Lase, M. B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15–27.

Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul. Yogyakarta: PG PAUD UNY.

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 151–158.

Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkembangkan baca-tulis anak usia dini. Grasindo.

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Bentang Pustaka.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5.

Published
2023-04-19
How to Cite
Mawardah, M., Oktaviana, R., & Restika, R. (2023). Edukasi mengenalkan abjad menggunakan flashcard pada anak PAUD Mandiri desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 50-60. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.982
Section
Kuliah Kerja Nyata