Sosialisasi Membangun Motivasi Berwirausaha Saat Pandemi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

Authors

  • Nia Saurina Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Maslihah Maslihah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Noven Indra Prasetya Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Wisnu Yudo Untoro Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Shofiya Syidada Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Emmy Wahyuningtyas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.626

Keywords:

Motivasi, Pandemi, COVID-19, Berwirausaha

Abstract

Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya yang mengambil ekstra kulikuler kewirausahaan, dengan adanya COVID 19 memiliki dampak dengan menurunnya motivasi siswa SMA untuk melakukan kegiatan yang menunjang ekstra kulikuler kewirausahaan. Adanya hambatan dengan tidak diperbolehkannya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang dilaksanakan di sekolah, sehingga pemahaman serta implementasi tentang kewirausahaan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah memotivasi siswa untuk memulai usaha sejak dibangku sekolah, dan sebagai tambahan informasi terkait Kewirausahaan, memberikan wacana kepada siswa mengenai kegiatan kewirausahaan kepada siswa terutama menghadapi masa pandemic Covid19, memberikan gambaran umum tentang implementasi kewirausahaan serta mensosialisasikan cara mempromosikan produk kewirausahaan lewat media sosial (facebook, instagram), e-commerce. Berdasarkan hasil perbandingan kuisioner Pre Test serta Post Test yang telah dilakukan oleh tim PkM kepada 98 siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, menunjukkan bahwa adnaya peningkatan motivasi berwirausaha serta adanya peningkatan pengetahuan tentang cara mempromosikan produk kewirausahaan lewat media sosial (facebook, instagram), e-commerce.

References

Aikin, K. J., Sullivan, H. W., Berktold, J., Stein, K. L., & Hoverman, V. J. (2021). Consumers’ experience with and attitudes toward direct-to-consumer prescription drug promotion: A nationally representative survey. Health Marketing Quarterly, 38(1), 1–11.

Al Hakim, M. F., & Azis, A. (2021). Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemic COVID-19. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 4(1).

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Aulia, A. (2020). Goal Setting Theory Vs Reinforcement Theory: In Ruh Perspective Theory. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1, 62–75.

Bhattacharyya, S., & Bose, I. (2020). S-commerce: Influence of Facebook likes on purchases and recommendations on a linked e-commerce site. Decision Support Systems, 138, 113383. https://doi.org/10.1016/j.dss.2020.113383

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 | IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 2715–4793. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Diandra, D. (2019). Program pengembangan kewirausahaan untuk menciptakan pelaku usaha sosial yang kompetitif. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1340–1347.

Dura, J., Dewi, M. P., Andriany, L. M., Cahyaningtyas, F., & Mulyaningtyas, M. (2020). Pelatihan Manajemen Bersosial Media Dalam Strategi Pemasaran Paguyuban Jip4x4 Bromo Tengger Semeru Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i1.203

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45.

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi belajar siswa selama pandemi dalam proses belajar dari rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14.

Kau, M., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Faktor Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 330–338.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Media, K. C. (2021, March 11). Hari Ini dalam Sejarah: WHO Tetapkan Covid-19 sebagai Pandemi Global Halaman all. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/11/104000165/hari-ini-dalam-sejarah--who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global

Mukrodi, M., Wahyudi, W., Sugiarti, E., Wartono, T., & Martono, M. (2021). Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 1(1), 11–18.

Nopandri, Y. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Yang Baik Terhadap Kualitas Prestasi Siswa Di SDIT Al-Husna Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(9), 75–88.

Putri, V. N. A. O. (2020). Kombinasi Inovasi Bisnis Model Inkremental Dan Radikal Berbasis Kapabilitas Dinamis Untuk Mendukung Keberlanjutan Organisasi Terhadap Disrupsi Teknologi.

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2021). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif terhadap motivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Setiyawan, J. (2017). Pengaruh Self Efficacy, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Muntilan. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(3), 251–258.

Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., & Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.

Sukmadewi, R., & Nurhanida, E. (2021). Penyuluhan Membangun Motivasi Wirausaha Dan Berfikir Kreatif Bagi Siswa Smp ℡Ekomunikasi Pekanbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1285–1288.

Sutarjo, I. P. E., Putri, D. A. W. M., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Yogatama, A. N. (2019). Perbandingan Niat Berwirausaha dan Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Malang. (JMK) Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 70–84.

Zulkarnaen, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Ditinjau Dari Self-Determination. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 355–364.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Saurina, N., Maslihah, M., Prasetya, N. I., Untoro, W. Y., Syidada, S., & Wahyuningtyas, E. (2023). Sosialisasi Membangun Motivasi Berwirausaha Saat Pandemi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.626

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.