Pelatihan Memulai Usaha Untuk Berwirausaha Cara Merintis Dan Memulai Suatu Bisnis Pada Remaja Putus Sekolah Di Desa Kerinjing Kabupaten Ogan Ilir

  • Deassy Apriani Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Subardin Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Teguh Universitas Sriwijaya
  • Sri Andaiyani Universitas Sriwijaya
  • Imelda Imelda Universitas Sriwijaya
Keywords: Kewirausahaan, Strategi Merintis Usaha, Desa Kerinjing

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan. Pada kesempatan kali ini, kegiatan pengabdian tahun 2020 dilakukan di salah satu Desa Binaan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya yakni Desa Kerinjing yang terletak di Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Kegiatan pengabdian kali ini mengangkat tema mengenai kewirausahaan bagi remaja yang putus sekolah atau menganggur. Mereka akan diberikan pelatihan untuk memulai berwirausaha baik cara merintis dan memulai suatu bisnis. Sulitnya lapangan kerja saat ini, membuat kita untuk melaksanakan kegiatan ini, sehingga masyarakat desa khususnya yang putus sekolah ataupun menganggur dapat memiliki ilmu untuk memulai usaha baik dari segi permodalan, pengaturan keuangan maupun strategi untuk memulai usaha.

References

Alma, B. (2011). Kewirausahaan. Alfabeta.

Asy’arie, M. (2016). Filsafat Kewirausahaan dan Implementasinya Negara dan Individu. Yogyakarta: LESFI.

Bewayo, E. D. (2015). The overemphasis on business plans in entrepreneurship education: Why does it persist. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 3(1), 1–7.

Hadipranata, Arif F. 2018. ‘Dasar Pola Pikir Kewirausahaan Dan Wirausaha’. 41.

Hasbullah. 2009. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Firmansyah, F. (2018). Mengembangkan jiwa kewirausahaan generasi muda melalui pelatihan penyusunan rencana usaha. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 32–47.

Oemar, Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saripah, I. (2017). Implementasi pelatihan kewirausahaan bagi anak putus sekolah. Jurnal AKRAB, 8(1), 101–114.

Soviyanti, E. (2017). Peningkatan Minat Berwirausaha Bagi Remaja Putus Sekolah di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Tapung Kampar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 1(3), 134–137. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v1i3.165

Sugiyono. n.d. Metode Penelitian Bisnis(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfaberta.

Suyono, Agus. 2019. ‘Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Berwirausaha’. Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo 5(1).

Sufyati, S., & Awaludin, D. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Rancangan Usaha (Bussiness Plan) Pada Siswa Smk Nusantara Tangerang Selatan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 87–94.

Ubabuddin, U., & Nasikhah, U. (2018). Pelatihan Keterampilan Bagi Remaja Putus Sekolah di Daerah Transmigrasi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 217–223.

Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 117–127.

Yohana, C. (2015). Pelatihan menyusun rencana usaha (business plan) bagi pengusaha kecil di desa Bantar Waru. Sarwahita, 12(2), 90–96.

Published
2022-09-09
How to Cite
Apriani, D., Subardin, M., Teguh, M., Andaiyani, S., & Imelda, I. (2022). Pelatihan Memulai Usaha Untuk Berwirausaha Cara Merintis Dan Memulai Suatu Bisnis Pada Remaja Putus Sekolah Di Desa Kerinjing Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 164-174. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i2.479