Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran​ Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas

Authors

  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Wakhudin Wakhudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.303

Keywords:

Discovery Learning, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Artikel ini membicarakan tentang penerapan model pembelajaran discovery learning dalam proses pembelajaran sebagai implementasi dari pendidikan karakter pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pasir Lor Kec Karanglewas Kabupaten Banyumas. Realitas empirik memperlihatkan bahwa kondisi saat ini sangat memprihatinkan, banyak kasus di lingkungan masyarakat mengindikasikan menurunnya kualitas karakter peserta didik di sekolah saat ini. Pelanggaran norma bukan sekedar kesopanan kesusilaan, namun dapat meningkat pada pelanggaran hukum dan Agama. Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya pelanggaran-pelanggaran itu, diantaranya adalah perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, perubahan gaya hidup yang sangat dinamis, kesibukan orang tua yang semakin tinggi yang menyebabkan perhatian terhadap anak-pun berkurang, menjadi faktor-faktornya. Pendidikan Karakter menjadi pendidikan yang sangat penting saat ini guna menumbuhkan karakter baik yang sebagai bagian dari softskill yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter dapat disisipkan dalam pembelajaran apapun namun dengan model pembelajaran yang menyenangkan. Satu pernyataan bahwa tidak ada satu obat mujarab-pun di dalam dunia pendidikan, dapat dimaknai bahwa ada banyak ragam yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang disesuaikan dengan konten pengetahuannya. Model discovery learning diharapkan mampu menjadi model pembelajaran yang dapat meningkatkan karakter peserta didik.

References

Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam. (Bandung: CV Pustaka Setia, 2009).
Damon, William,Bringing in a New Era in Character Education, (California:Press Hoover Institution Stanford University, 2002), E-Book
Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial,(Jakarta: Salemba Humanika, 2014).
Irwin, David. Jo Straker and Allen Hill, Outdoor Education In Aotearoa New Zealand, (New Zealand: Cpit, 2012).
Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010, Direktorat Ketenagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
Kesuma, Dharma dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Koesoema A, Doni.Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. (Jakarta: Grasindo, 2015).
Maksudin, Pendidikan Karakter Nondikotomik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: AMZAH, 2015).
Moeliono, Anton M. ddk, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990).
Mu’in, Fatchul, Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter,Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan,2011.
Quay, John dan Jayson Seamen, John Dewey and Education Outdoor Making Sense of the ‘Educational Situation’ through more than a Century of Progressive Reforms, (Netherlands: Sense Publishers, 2013).
Rohman, Arif. Memahami Ilmu Pendidikan. (Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo, 2013).
Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011).
Setiyorini Dwi, Nunung, Pembelajaran Kontekstual IPA Melalui Outdoor Learning di SD Alam Ar-Ridho Semarang, Malang: Program Pasca Sarjana UIN Malang Prodi PGMI, 2015.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA, 2012).
Suma, Muhammad Amin. Ulumul Qur’an. (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013).
Sumiati dan Asra, Metode Pembelajaran, (Bandung: CV Wacana Prima, 2007).
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
Vera, Adelia. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). (Jogjakarta: DIVA Press, 2012)
Warso Doso Dwi Wasisto, Agus Pembelajaran Tematik Terpadu Penilaiannya, (Yogyakarta: Graha Cendekia, 2013).
Wiyani Ardy, Novan, Desain Pembelajaran Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasinya. (Jakarta: Kencana, 2014).

Downloads

Published

2020-11-03

How to Cite

Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran​ Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.303