Mengenal Dan Meningkatan Motivasi Diri Kedalam Dunia Kerja Kefarmasian Melalui Media Podcasting
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1273Keywords:
Podcast, Farmasi, Media PembelajaranAbstract
Podcast merupakan media pembelajaran pengganti di era digital sekarang ini. Dalam mobilitas manusia yang dilanda pandemi saat ini, banyak orang menggunakan podcast, baik audio maupun audio visual (seperti YouTube atau Instagram) untuk menyebarkan informasi. Tingginya tingkat persaingan di dunia kerja saat ini, bersama dengan pentingnya untuk membina orientasi dan aspirasi masa depan bagi semua mahasiswa atau kelompok masyarakat umum yang terkait dengan bidang kerja kefarmasian, menyebabkan terciptanya podcast ini. Tujuan dari inisiatif podcast ini adalah untuk menginspirasi wanita untuk berpikir kritis tentang orientasi mereka terhadap waktu dan aspirasi untuk masa depan sehingga mereka akan lebih bersemangat untuk menghadapi waktu mereka sendiri dan mengingat kutipan mereka. Ketika podcast ini dilakukan, itu melibatkan empat langkah berbeda: pembentukan tim panitia, konsep persiapan, produksi podcast, dan evaluasi akhir. Hasil podcast ini menunjukkan perlunya memotivasi masyarakat umum dan mengubah arah pandang masyarakat untuk diberikan contoh suatu pekerjaan kefarmasian. Kemudian dari podcast ini dapat disimpulkan bahwa penyampaikan informasi untuk partisipasi massa dapat dilakukan melalui berbagai media, antara lain media sosial dan podcast (Instagram, Youtube).
References
Adhikary, M., Tiwari, P., Singh, S., & Karoo, C. (2014). Study of self-medication practices and its determinant among college students of Delhi University North Campus, New Delhi, India. International Journal of Medical Science and Public Health, 3(4), 406–409.
Akifah, A., Kudratullah, K., & Rahmi, R. (2023). Penyajian Konten Podcast Kreatif dan Berkualitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 19–24.
Andriyani, A. (2019). Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 15(2), 178–198.
APFTI. (2013). Naskah Akademik Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Kurikulum Pendidikan Farmasi.
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1).
Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12.
Kom, S. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan pendidik dalam menggunakan media pembelajaran. Penerbit Lakeisha.
Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66.
Lestari, B. A., Hilmy, I. L., Ratnasari, D., & Rachmawati, E. (2022). Penilaian Kemandirian Pelayanan Kefarmasian Menggunakan Metode Basel Statement Assessment Tool pada Rumah Sakit Swasta. Jurnal Farmasetis, 11(1), 87–94.
Micallef, R., Kayyali, R., & Ooms, A. (2022). The PRACTICE framework for organising and delivering a learning event for pharmacists’ lifelong learning. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 14(4), 407–414.
Miller, G. E. (1990). The assessment of clinical skills/competence/performance. Academic Medicine, 65(9), S63-7.
Nan-Zhao, Z. (2005). Four ‘pillars of learning’for the reorientation and reorganization of curriculum: Reflections and discussions. International Bureau of Education-UNESCO.
Peni, P., & Mukhripah, D. (2019). Analisis Praktik Klinik Keperawatan Jiwa pada Ibu Y dengan Intervensi Inovasi Terapi Menulis Pengalaman Emosional terhadap Perilaku Kekerasan di Ruang Punai Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda 2018.
Radjagukguk, D., Sriwartini, Y., & Salim, A. (2021). Pendampingan Pembuatan Podcast Kreatif Melalui Seni Berkomunikasi Efektif Di Sma Karya Enam-Enam Jakarta. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 94–100.
Rizqi, A. W. M. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Batu [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Silviana, A. (2020). Spatial zoning and community partnership on the development of coastal and marine resources in tourism spots of bali and lombok. International Journal of Pharmaceutical Research, 13(1), 948–954. https://doi.org/10.31838/ijpr/2021.13.01.158
UNESCO. (2009). Five Pillars of Learning.