Pelatihan Penerapan Metode Search Engine Optimalzation Youtube Untuk Meningkatkan Peringkat Saluran Youtube RKN Media

Authors

  • Yudo Devianto Universitas Mercu Buana
  • Wawan Gunawan Universitas Mercu Buana
  • Eugenius Kau Suni Universitas Mercu Buana
  • Bambang Sukowo Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1146

Keywords:

RKN Media, SEO Youtube, Youtube, SEO

Abstract

Portal berita online juga sangat dipengaruhi oleh jumlah pengunjung dan lalu lintas yang digunakan untuk menghitung nilai bisnis anda. Selain website sebagai sumber informasi, YouTube merupakan salah satu media online yang dapat melayani masyarakat luas, samahalnya dengan situs website, pengiklan juga mencari saluran YouTube yang berperingkat tinggi juga. RKN Media membutuhkan rating agar saluran YouTube yang dimilikinya menjadi lebih optimal pemanfaatannya, hal tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan metode SEO YouTube untuk meningkatkan rating dan traffic. Menanggapi persoalan yang dihadapi oleh RKN Media, kami tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Fakultas Ilmu Komputer yang terdiri dari dosen dan mahasiswa berusaha membantu RKN Media dengan memberikan pelatihan dalam menerapkan SEO YouTube. Pelatihan ini sekaligus bentuk transfer teknologi informasi kepada karyawan RKN Media dalam mengelola saluran YouTube mereka. Hasil luaran kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan kemampuan karyawan RKN Media dalam mengelola saluran YouTube mereka dengan metode SEO YouTube tersebut.

References

Annas, W. F., & Rizal, D. A. (2019). Pemanfaatan Media Baru Sebagai Media Bisnis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 99–115.

Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1). https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409

Chandra, E. (2017). Youtube, citra media informasi interaktif atau media penyampaian aspirasi pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 406–417.

Ernayani, R., GS, A. D., Tarigan, N. P., Lestari, W., & Timotius, E. (2021). Kajian fenomenologi pemasaran digital agen properti melalui medium instagram. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(3), 260–269.

Fauziyyah, A. (2023, January 1). Panduan SEO YouTube Terbaru 2023. Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/seo-youtube/

Hayaty, M., & Meylasari, D. (2018). Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi. Jurnal Informatika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31294/ji.v5i2.4027

Hendrawan, I. G. Y., Puspitawati, N. M. D., Suarjana, I. W., & Nata, I. G. A. D. (2021). Pemanfaatan Video Reportase Berbentuk Konten Media Sosial Untuk Meningkatkan Awareness Konsumen Umkm Kuliner Di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Bahasa Asing Universitas Mahasaraswati Denpasar (SENADIBA) 2021, 1(1), 25–34.

Hikmah, R. E. D., & Yulianti, D. T. (2020). Implementasi Digital Marketing pada Channel YouTube AGRO-TV Indonesia. Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, 2(2), 456–465.

Kristiyanti, M. (2012). Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembangunan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63–89.

Leliana, I., & Gogali, V. A. (2019). Strategi humas kementerian perindustrian dalam menginformasikan layanan publik melalui youtube. J-IKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung, 6(2), 110–119.

Pamungkas, S., Wardaningsih, A. D., & Simamora, J. (2022). Pelatihan Produksi Video Kreatif Sebagai Konten Kanal Youtube Bagi Jemaat Hkbp Perumnas Tangerang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 5, 1–10.

Sari, L. (2020). Upaya menaikkan kualitas pendidikan dengan pemanfaatan youtube sebagai media ajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074–1084.

Sumiyatun, S., & Wardoyo, R. (2016). Kombinasi Metode Anp Dan Topsis Dalam Menentukan Prioritas Media Promosi Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Stmik Akakom Yogyakarta). JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(2).

Viranda, L., Hidayat, D. R., & Yudhapramesti, P. (2018). Manajemen produk media kompas. Com untuk bersaing di era generasi milenial. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(1), 61–78.

Warjiyono, W., Fandhilah, F., Rais, A. N., & Ishaq, A. (2020). Metode FAST & Framework PIECES: Analisis & Desain Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(2), 172–181.

Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Penjualan pada CV. Sukses Karya Abadi Berbasis Web. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 11(1), 2306–2319.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Devianto, Y., Gunawan, W., Suni, E. K., & Sukowo, B. (2023). Pelatihan Penerapan Metode Search Engine Optimalzation Youtube Untuk Meningkatkan Peringkat Saluran Youtube RKN Media. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 257–267. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1146

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.