Kiat Menghadapi Peluang Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Pelaku Bisnis UMKM Di Daerah Binalontar
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpm.v3i1.1214Keywords:
UMKM, Pemasaran, Online, Covid19Abstract
Ditengah pandemic COVID-19, banyak berdampak bagi pendapatan pada penjualan pelaku UMKM. Adanya permasalahan mitra seperti berkurangnya pendapatan menjadi dasar untuk mengadakan PKM ini. Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata mereka kurang memahami bagaimana menggunakan teknologi yang berguna bagi peningkatan penjualan. Untuk itu perlu diadakannya penyuluhan/bimbingan agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi yang ada sekarang ini untuk meningkatkan penjualan mereka. Langkah yang dilakukan untuk memecahkan permasalahannya adalah dengan memberikan materi tentang cara meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan teknologi, memberi tahu aplikasi dan media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan online dan memberikan informasi cara memasarkan online dan bagaimana memelihara dan mengurus kegiatan berjualan online agar tetap menghasilkan. Oleh sebab itu tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat tentang meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang memanfaatkan penggunaan teknologi untuk para pelaku UMKM guna meningkatkan penjualan para pelaku UMKM. Setelah diadakan PKM ini, penulis mensurvey dan mendapatkan data secara random dari peserta yang mengikuti bahwa sudah bisa menggabungkan penjualan offline dan online dan juga sudah mulai ada peningkatan dalam penjualannya.