Meningkatkan Semangat Belajar Matematika kepada Anak Panti Asuhan Pintu Harapan Medan Demi Masa Depan

  • Repaldo Siburian Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.
  • Hairani Siregar
Keywords: Panti Asuhan, Masalah, Masa Depan

Abstract

Belajar adalah suatu hal yang sangat penting untuk membuat orang akan lebih pintar dan dapat tercapainya cita-cita serta harapan dimasa depan. Ketika orang akan semakin rajin belajar, mereka akan mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak, bermanfaat dan dapat menggapai cita-cita dari apa yang telah dipelajari tersebut. Tetapi, masi banyak orang yang tidak memiliki semangat belajar terutama pada anak panti asuhan pintu harapan medan dibidang pelajaran matematika. Karena, menurut mereka pelajaran matematika adalah pelajaran yang merumitkan dan tidak mudah dimengerti untuk dipelajarin. Akan tetapi, matematikan tidak hanya dipelajari di dunina pendidikan melainkan dapat diterapkan di dunia pekerjaaan. Untuk itu, diperlukan pendamping kepada anak panti asuhan untuk membimbing dan memberi motivasi meningkatkan semangat belajar pada pelajaran matematika melalui kegiatan PKL yang dilakukan oleh para mahasiswa. Adapun tujuan kegiatan PKL yaitu untuk mengatasi permasalahan dan dapat dilakukan dengan tahapan intervensi seperti engagement, intake, contract, asessment, planning, intervensi, evaluasi, dan terminasi. Pada tahapan ini, guna untuk mengetahui lebih medalam permasalahan terhadap anak panti asuhan pintu harapan medan dan melalui tahapan ini guna untuk mengatasi permasalahan tersebut.

References

AB, S. (2020). Dasar-Dasar Pekerjaan Sosial dengan Kelompok (Group Work).

Arsandi, E., Prasetya, D., & Kurniawan, S. (2017). Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Kantor Cabang Utama Bandar Lampung.

Astuti, P., Buani, D. P. C., Nuraeni, N., Ispandi, I., & Hayuningtyas, R. Y. (2022). Pelatihan Pembuatan Poster dengan Menggunakan Microsoft Power Point Bagi Ibu-Ibu Majlis Taklim Hidayatullah Mubtabin Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58-63.

Budiarti, W. N. & Haryanto, H. (2016). Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.

Fahrudin, A. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. PT Refika Aditama: Bandung

Hadianti, I., Soedarto, T., & Amir, I. T. (2020). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner pada Produk Telur Ayam Ras di Kabupaten Mojokerto. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10 (1).

Haswang, M., Alimuddin, A., & Djam’an, N. (2019). Proses Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kebiasaan Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulupoddo Kabupaten Sinjai (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makasar).

Kumala, F. Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Youtube terhadap Minat dan Motivasi Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 107-116.

Patriana, M. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3 Siswa Kelas IV SDN 3 Sumberbening.

Purwanto, A. B. (2016). Pengaruh Motivasi, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen): 2(1).

Ramdhani, A. & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12

Restu, A. N. (2020). Proses Pelaksanaan dan Perawatan Kapal menggunakan Metode Sandblasting di Galangan Kapal Uit I PT. Janata Marina Indah Semarang. Karya Tulis.

Riyadi, J. & Wijaya, S. R. (2017). Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Percetakan A1 Printing.

Suardipa, I. P. & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Yustian, Y., Asyafah, A., & Firmansyah, M. I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Kisah Hijrah Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 7 Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(2), 126-139.

Published
2022-11-07
How to Cite
Siburian, R., & Siregar, H. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Matematika kepada Anak Panti Asuhan Pintu Harapan Medan Demi Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 272-282. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i2.1098
Section
Praktik Kerja Lapangan