Pendampingan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di SMKN 2 Turen

Authors

  • Mufidatul Islamiyah institut teknoligi dan bisnis asia malang
  • Lukman Hakim Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Vivi Aida Fitria Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Azwar Riza Habibi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1009

Keywords:

Karya Ilmiah, Publikasi Ilmiah, Penulisan Ilmiah

Abstract

Penulisan karya ilmiah merupakan aktivitas yang penting untuk mengungkapkan pemahaman tentang suatu permasalahan dengan cara yang terstruktur dan logis. Dalam penulisan, diperlukan metodologi yang tepat agar hasilnya menjadi sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai langkah-langkah dan proses dalam menyusun karya ilmiah yang dapat dipublikasikan menjadi sangat penting. Penting bagi kita untuk mempelajari konsep ini sejak dini agar dapat menghasilkan karya ilmiah yang baik. Dalam rangka itu, kami bekerja sama dengan mitra sekolah kami, yaitu SMKN 2 Turen, untuk menyampaikan pemahaman tentang manfaat penyusunan karya ilmiah hingga publikasi. Melalui upaya pembelajaran ini, kami berupaya menjelaskan betapa pentingnya proses dan manfaat yang bisa didapatkan melalui penulisan karya ilmiah yang berkualitas. Dengan demikian, pengetahuan dan pemahaman mengenai langkah-langkah dan proses dalam menyusun karya ilmiah yang dapat dipublikasikan menjadi tujuan utama pembelajaran ini, dengan harapan agar para peserta pembelajaran dapat menghasilkan karya ilmiah yang relevan dan berkontribusi positif dalam dunia akademik.

References

Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. (2020). Pendampingan penulisan karya ilmiah remaja berstandar LKIR LIPI bagi guru dan siswa SMA islam terpadu Ihsanul Fikri kabupaten Magelang. Widya Laksana, 9(1), 98–110.

Fatimah, S. (2017). Supervisi Akademik dan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Guru Pendamping Khusus (Studi Kasus di Sekolah Inklusif pada SDN Semangat Dalam 2 Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala) [PhD Thesis]. Pascasarjana.

Himayah, H. (2021). Strategi Literasi Informasi Dalam Pencarian Referensi Ilmu Keislaman. PILAR, 12(2), 16–26.

Kurniawati, D., SM, V. A., & Ariyani, V. (2018). Pelatihan pembuatan Karya Ilmiah Remaja bagi siswa-siswi SMAN 6 dan MAN 2 Kota Madiun.Jurnal Warta Abdimas, 1(01).

Lizawati, L., Kusnita, S., Herlina, H., Lahir, M., Wulansari, F., Uli, I., Sulastriana, E., Yuniarti, N., & Hariadi, T. (2021). Pendampingan Menulis Resensi Novel sebagai Upaya Gerakan Literasi Cerdas Di SMPN 6 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 293–300.

Muliyani, S. E., Hulfian, L., Isyani, I., Primayanti, I., & Yundarwati, S. (2019).

Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiahpenelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Open Journal System (OJS) Pada Guru MGMP Olahraga Lombok Timur. Abdi Masyarakat, 1(1).

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 102–114.

Rokhyanto, R., Purwati, T., & Ahmad, H. (2022). Pendampingan Menulis Kreatif untuk Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Akademik (Covid 19 New Normal). Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(3), 242–252.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif icm (index card match) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46–48.

Susetyo, S., Basuki, R., & Noermanzah, N. (2020). Peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah. ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 28–34.

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 83–91.

TU, S. P., & Naryatmojo, D. L. (2016). Pelatihan presentasi ilmiah untuk meningkatkan daya saing dalam kompetisi ilmiah bagi anggota ekstrakurikuler karya ilmiah remaja di kota semarang. SEMAR: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat, 5(1).

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan pendampingan penulisan artikel jurnal bagi guru-guru ips kabupaten malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 40–47.

Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan aplikasi mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru smk dwijendra denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13–20.

Widayanti, L., Rahayu, W. A., Kala’lembang, A., & Fitria, V. A. (2022). Penguatan Budaya Literasi Melalui Karya Ilmiah Siswa-Siswi SMK Mahardika Malang Karangploso. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 145–152

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Islamiyah, M., Hakim, L., Fitria, V. A., & Habibi, A. R. (2023). Pendampingan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di SMKN 2 Turen. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 280–289. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1009

Most read articles by the same author(s)