Pengenalan Augmented Reality Di SMK Al-Bukhary Labuhan Batu Sebagai Media Untuk Mempromosikan Industri Pariwisata

  • Rian Farta Wijaya Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Rahmad Budi Utomo Universitas Pembangunan Panca Budi
Keywords: Augmented Reality, Media, Promosi, Industri, Pariwisata

Abstract

Semenjak virus covid 19 menyebar ke pelosok negeri, hampir seluruh sector usaha mengalami penurunan pendapatan. Salah satunya adalah sector pariwisata. Saat ini sector pariwisata terus melakukan promosi untuk meningkatkan pendapatannya. Promosi dilakukan dengan menggunakan surat kabar, tv, youtube, website, augmented reality, dan masih banyak lagi. Teknologi augmented reality adalah media promosi yang dapat menyampaikan informasi secara menyeluruh. Augmented reality adalah penggabungan objek maya ke dalam dunia nyata. Augmented reality berbentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone, dan laptop/pc. Kabupaten labuhan batu juga memiliki tempat wisata yang harus dipromosikan, karena saat ini juga mengalami penurunan pendapatan. Untuk itu perlu dikenalkan mengenai pemanfaatan augmented reality sebagai media promosi kepada masyarakat sekitar labuhan batu terutama Siswa/i SMK Al-Bukhary. Diharapkan siswa/I dapat menciptakan augmented reality yang dapat digunakan untuk mempromosikan industry pariwisata di wilayah labuhan batu.

References

Aprilinda, Y., Endra, R. Y., Afandi, F. N., Ariani, F., Cucus, A., & Lusi, D. S. (2020). Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Pertama. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia Dan Informatika), 11(2), 124–133.

Darsana, I. M., & Jayadi, U. (2022). Perspektif Pekerja Hotel Berbintang Di Destinasi Wisata Sanur Terhadap Literasi Investasi Saham Di Masa Pandemi Covid-19. Siwayang Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 1(1), 23–32.

Kalatiku, G. R., Rindengan, Y., & Ruindungan, D. (2023). Virtual Reality Pengenalan Kepulauan Sangihe.

Khairani, M. S., & Adnan, M. F. (2023). Dampak Penanganan Pandemi Covid-19 terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Sektor Pariwisata Kota Padang. PUBLICNESS: Journal of Public Administration Studies, 2(1), 69–81.

Koca, B. A., Çubukçu, B., & Yüzgeç, U. (2019). Augmented reality application for preschool children with unity 3D platform. 2019 3rd International Symposium on Multidisciplinary Studies and Innovative Technologies (ISMSIT), 1–4.

Liu, X., Sohn, Y.-H., & Park, D.-W. (2018). Application development with augmented reality technique using Unity 3D and Vuforia. International Journal of Applied Engineering Research, 13(21), 15068–15071.

Maulana, G. G. (2017). Penerapan augmented reality untuk pemasaran produk menggunakan software unity 3D dan vuforia. Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana, 6(2), 74–78.

Mularsari, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Di Bidang Jasa Pelayanan Hotel Roosseno Plaza Jakarta Di Masa New Normal Era. Turn Journal, 2(1), 17–30.

Nugraha, Y. E. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Pada Unit Usaha Pariwisata di Kawasan Pesisir Kota Kupang. Jurnal Industri Pariwisata, 3(2), 134–149.

Okfia, W., & Jaya, I. (2021). Konstruktivis teori dalam pengenalan kosa kata bahasa Inggris dengan menggunakan flashcard di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 163–171.

Prambayun, A., Oktaviany, D., & Achmad, Y. F. (2022). Analisis Potensi Virtual reality sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Pagar Alam. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(3), 2641–2651.

Robianto, R., Andrianof, H., & Salim, E. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) PADA PERANCANGAN EBROUCHURE SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID. Jurnal Sains Informatika Terapan, 1(1), 61–66.

Santi, I. N., Muzakir, M., Mubaraq, R., Faisal, M., & Parubak, B. (2022). Analisis daya Saing Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 860–866.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., & Nelwan, E. J. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

Wahyuni, D. (2021). Upaya Pemulihan Pariwisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 121–137.

Published
2023-05-02
How to Cite
Wijaya, R., & Utomo, R. B. (2023). Pengenalan Augmented Reality Di SMK Al-Bukhary Labuhan Batu Sebagai Media Untuk Mempromosikan Industri Pariwisata. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 60-70. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1102