Workshop Daur Ulang Kertas Bekas Sebagai Upaya Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP Darul Ulum 2 Jombang

  • Siti Dinarti STKIP PGRI Jombang
  • Agung Kesna Mahatmaharti STKIP PGRI Jombang
Keywords: Karakter, Peduli Lingkungan, Daur Ulang

Abstract

Kertas adalah salah satu limbah yang paling banyak dihasilkan oleh manusia, baik yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun sekolah dan perkantoran. Pada umumnya sebuah akademik akan menghasilkan limbah kertas yang cukup besar karena segala kegiatan akademik berhubungan langsung dengan kertas. Berbagai upaya untuk mengurangi sampah kertas bekas sudah dilakukan, yakni dengan menggunakan metode 3R atau Recycle, Reuse, dan Reduce. Dimanapun tempatnya sering terjadi penumpukan sampah Kertas dikarenakan rendahnya kepedulian masyarakat dalam kegiatan pengolahan sampah. Rendahnya kepedulian masyarakat dalam kegiatan mengelola sampah di lingkungan sekitar merupakan salah satu bentuk kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan. Perlu dilakukan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan kesadaran untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan sedini mungkin kepada siswa. Pendidikan karakter peduli lingkungan yang ditanamkan kepada siswa diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap cara berpikir dan perilaku siswa dalam menjaga lingkungan sekitar. Pelaksana melakukan pengabdian kepada masyarakat di SMP 2 Darul Ulum Jombang. Kegiatan workshop dilakukan dengan menggunakan metode observasi, ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan workshop ini dapat meningkatan kepedulian lingkungn pada siswa, siswa juga antusias dalam mempraktikan proses daur ulang kertas bekas menjadi barang yang bernilai guna.

References

Akhwani, A., & Afwan Romdloni, M. (2021). Indonesian Journal of Primary Education. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Hartono, R. (2008). Penanganan dan Pengolahan Sampah. Bogor: Penebar Swadaya.

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap pengelolaan sampah. Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum, 12-25.

Marliani, N. (2015). Pemanfaatan limbah rumah tangga (sampah anorganik) sebagai bentuk implementasi dari pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 124-132.

Mukminin, A., Iain, A.-A., Thahah, S., & Jambi, S. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. XIX XIX(02), 227–252

Munirah. (2015). Urgensi Pendidikan Agama Luar Sekolah terhadap Pembentukan Akhlak dalam Rumah Tangga. Irfani Vol. 11, No. 1, 108-115.

Sejati, K. (2009). Pengolahan Sampah Terpadu dengan Sistem Node. Yogyakarta: Sub Point Center Point.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi Vol. 14. No. 2, 135-146.

Shani, R. (2020). Jepara Hasilkan 1300 ton Sampah per Hari.

Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia.

Trahati, M. . (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. In UNY. UNY

Undang-Undang No. 17 . (2007). Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional Tahun 2005 – 2025.

Undang-undang RI Nomor 20. (2003). Bab 1, Pasal 1 Tentang Pengertian Pendidikan.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Yuriandala, Y., & Putra, H. P. (2010). Studi pemanfaatan sampah plastik menjadi produk dan jasa kreatif. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan, 21-31.

Published
2022-11-07
How to Cite
Dinarti, S., & Mahatmaharti, A. K. (2022). Workshop Daur Ulang Kertas Bekas Sebagai Upaya Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP Darul Ulum 2 Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 224-234. https://doi.org/10.32815/jpm.v3i2.1199
Section
Pelatihan/ Workshop