Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 di Desa Podosoko, Candimulyo, Kabupaten Magelang

  • Yulinda Devi Pramita Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Silvia Aji Saputri Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Handayani Handayani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Nabillah Meliani Tildjuir Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aditya Tri Pamungkas Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Annida Aprilianita Dewi Universitas Muhammadiyah Magelang
Keywords: Pandemi COVID-19, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 terhadap sektor UMKM memaksa para pelaku usaha UMKM untuk beradaptasi. Media pemasaran yang selama ini hanya dilakukan secara offline, kini perlu meningkatkan kemampuan pengetahuan pemasaran UMKM melalui media pemasaran online. Strategi yang digunakan adalah mengoptimalkan digital marketing untuk meningkatkan pendapatan ekonomi pelaku usaha UMKM yang terdampak Covid-19. Permasalahan pelaku UMKM di Desa Podosoko adalah menurunnya pendapatan ekonomi pelaku UMKM di masa pandemi COVID-19. Hal ini dikarenakan pangsa pasar produk UMKM berbasis kearifan lokal terbatas yaitu pemasaran hanya dilakukan secara offline. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu (PPMT) ini memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi UMKM yaitu optimalisasi pemasaran digital berupa desain logo produk, kemasan, pendaftaran IUMK, pemasaran produk melalui Facebook, Instagram dan platform e-commerce shoppe. Penggunaan digital marketing telah menciptakan pasar baru bagi produk usaha dan menumbuhkan kreativitas baru yang dimiliki pelaku UMKM.

References

Afendi, A., Fitri, M., & Firdiyanti, S. I. (2022). Digitalisasi Bisnis Dalam Islam: Determinasi Keputusan Pembelian Ulang Pengguna Market Place Shopee di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 1124–1133.

Apriyanto, M., & Ramli, M. (2020). Manajemen Keuangan Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 6(3), 145–152.

Asmanto, P., Adji, A., & Hadiwidjaja, G. (2020). Kecukupan dan Cakupan Manfaat Bantuan Sosial pada Masa Pandemi COVID-19 (pp. 1–10) [Ringkasan Kebijakan]. Unit Riser, Sutikno-Sekretariat TNP2K.

Barany, L. J., Simanjuntak, I., Widia, D. A., & Damuri, Y. R. (2020). Bantuan Sosial Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19: Sudahkah Menjaring Sesuai Sasaran. CSIS Commentaries, 1–11.

Dolega, L., Rowe, F., & Branagan, E. (2021). Going digital? The impact of social media marketing on retail website traffic, orders and sales. Journal of Retailing and Consumer Services, 60, 102501.

Fadhli, K., Himmah, S. R., & Taqiyuddin, A. (2021). Analisis Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Penerima Bantuan Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 9(3), 110–117.

Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Efektifitas promosi destinasi wisata rekreasi Gunung Pancar melalui postingan instagram media sosial. Jurnal Komunikatio, 4(1).

Habib, I. (2015). Use of digital marketing in brand building efforts.

Hanif, R., Sidi, A. P., Yogatama, A. N., Bukhori, M., & Anjaningrum, W. D. (2020). Empowering Digital Business Bagi Pegiat Usaha Online Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1.

Hidayah, N., & Wahyuningtyas, E. S. (2020). Basic Life Support (BLS) bagi Driver Ojek Online GrabBike untuk mengatasi Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas. Prosiding University Research Colloquium, 145–149.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Kau, M., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Faktor Sikap Terhadap Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 330–338.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 21–34.

Silaya, M. A., Ismail, R. S., & Talakua, B. A. (2021). Peningkatan Daya Saing Produk Kue Tradisional Berbahan Baku Sagu Di Desa Amahusu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1), 148–155.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.

Wallad, A. U., & Nurlaila, N. (2021). Pemanfaatan Instagram Dalam Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah Keripik Tempe Alkhalif Pada Masa Pandemi Covid-19. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 77–84.

Wiediawati, A. M., Pratiwi, A. A., & Bimandra, G. (2019). Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 147–157.

Woelandari, D. S., & Setyawati, N. W. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Pemasaran Berbasis Digital dengan Menggunakan Media Sosial Facebook dan Instagram Bagi Industri Rumahan Di Rt 005/Rw 001, Kel. Marga Mulya, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi. Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019, 62–67.

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179

Yogatama, A. N. (2017). Peran Entrepreneurship Bagi Pengembangan Kampung Wisata Pesona Agro. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 1–10. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.39

Zowalaty, M. E. E., Young, S. G., & Järhult, J. D. (2020). Environmental impact of the COVID-19 pandemic – a lesson for the future. Infection Ecology & Epidemiology, 10(1), 1768023.

Published
2023-03-15
How to Cite
Pramita, Y., Saputri, S. A., Handayani, H., Tildjuir, N. M., Pamungkas, A. T., & Dewi, A. A. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi Covid-19 di Desa Podosoko, Candimulyo, Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.573