PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • erawati - kartika Universitas AKI
Keywords: Product quality, brand image, price, trust, purchase decision.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk (X1), citra merek (X2), harga (X3) dan kepercayaan (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas AKI yang pernah melakukan pembelian di Shopee Marketplace. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 135 orang dengan menggunakan purposive sampling dengan pendekatan non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan SPSS Berdasarkan uji regresi pada penelitian ini diperoleh hasil Y = 2,752 + 0,022 X1 + 0,183 X2 + 0,556 X3 + 0,258 X4.hasil Berdasarkan uji parsial, variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee sebesar 0,022. Variabel citra merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee Marketplace sebesar 0,183. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee Marketplace sebesar 0,556. Variabel Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee Marketplace sebesar 0,258. Hasil uji determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,648. 

References

Gerung Jacklin Christy, dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA. Vol 5. No 2.
Amrullah, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol 13. No 2.
Mamahit Philius, dkk. 2015. Pengaruh Brand Image , Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol.15. No 5.
Andini, Prisca. 2012. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Hyundai i20 (Studi Kasus pada Konsumen Mobil Hyundai i20 di Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.
Farenzia Siska dan Raymond. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Grab. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 33. No 1.
Bayuningsari, Aprilia dan Barata. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan PT Bando Indonesia Ke Turki Pada Periode 2009-2013. Jurnal Bisnis dan Komunikasi. Vol 4. No 2.
Asriah Immawati Siti, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Hijab yang Diproduksi PT. Hijab Alila. Jurnal Akuntasi dan Keuangan. Vol 1. No 1.
Devi Lenggang Kurnia Intan. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Nasution Siti Lam’ah, dkk. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal ECOBISMA. Vol 7. No 1.
Artaya, P., dan Purworusmiardi, T. 2019. Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi. April.
Febrianto Fransiscus XA Verius. 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Melalui Media Sosial di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
Anggraeni Penia dan Putu Nina Madiawati. 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs www.Traveloka.Com. E-Proceeding of Management Jurnal. Vol.3. No 2.
Riyono dan Gigih Erlik Budiharja. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang. Vol 8. No 2.
Cahyadi, David. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Brand Personality dan Popularity Terhadap Keputusan Pembelian PT. Mayora Indah TBK. (Studi Kasus pada Produk Roma). Skripsi. Universitas AKI. Semarang.
Rahmawati Laila dan Farika Nikmah. 2019. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis. Vol 5. No 1.
Munandar dan Chadafi. 2016. Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Kepercayaan, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram. Jurnal Visioner dan Strategis. Vol 5. No 2.
Marbun Ribka. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Popularitas Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus pada Oriflame di Semarang). Skripsi. Universitas AKI Semarang.
Sari, Diana, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi pada Konsumen Giant BSB Semarang). Skripsi. Universitas Stikubank. Semarang.
HR Genny Intan Sari, dkk. 2020. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Padang). Jurnal Menara Ekonomi. Vol VI. No 2.
Kotler, Phlip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Nur Aulia Agustina, dkk. 2018. The Effect Of Quality Of Products, Brand Images, and Prices On Purchase Decisions. Jurnal Penelitian Ipteks. Vol 3. No 2.
Chusnah dan Ahmad Zaenuri. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie (Studi Kasus Warung Nasi Pemalang, Jakarta Timur). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 2. No 2.
Yulianti Levi. 2020. Pengaruh Wom Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Bandeng Juwana Elrina Pandanaran Semarang). Skripsi. Universitas AKI Semarang.
Published
2021-11-23
How to Cite
kartika, erawati. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(1), 73-82. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i1.778
Section
Articles