PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpro.v2i1.778Keywords:
Product quality, brand image, price, trust, purchase decision.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk (X1), citra merek (X2), harga (X3) dan kepercayaan (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas AKI yang pernah melakukan pembelian di Shopee Marketplace. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 135 orang dengan menggunakan purposive sampling dengan pendekatan non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan SPSS Berdasarkan uji regresi pada penelitian ini diperoleh hasil Y = 2,752 + 0,022 X1 + 0,183 X2 + 0,556 X3 + 0,258 X4.hasil Berdasarkan uji parsial, variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Marketplace Shopee sebesar 0,022. Variabel citra merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee Marketplace sebesar 0,183. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee Marketplace sebesar 0,556. Variabel Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee Marketplace sebesar 0,258. Hasil uji determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,648.