Pelatihan Pembuatan Deterjen Cair Bagi Ibu PKK Gampong Sungai Pauh Pusaka

  • Rizky Nafaida Universitas Samudra
  • Fadlia Fadlia Universitas Samudra
  • Nursamsu Nursamsu Universitas Samudra
Keywords: Pelatihan; Pembuatan; Deterjen Cair

Abstract

Gampong Sungai Pauh Pusaka merupakan bagian dari Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Rata – rata penduduk khusunya ibu rumah tangga tidak mempunyai pekerjaan untuk pendapat tambahan rumah tangga. Dengan demikian yang menjadi permasalahan mitra adalah tidak adanya pengetahuan masyarakat untuk membuat detejen cair dan tidak adanya pelatihan bagi masyarakat khususnya bagi ibu rumah tangga tentang pengetahuan keterampilan yang menjadikan peluang usaha home indusry. Justifikasi solusi atas permasalahan mitra adalah peningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu rumah tangga dalam mengolah deterjen cair, upaya peningkatan pendapatan penghasilan tambahan masyarakat, membantu pemerintah desa untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan Mensosialisasikan hasil proses pembuatan produk melalui media kovensional dan online. Selanjutnya Metode pelaksanaan pengabdian adalah survey, pelatihan, monotoring dan evaluasi. Hasil dalam kegiatan dengan memnyebarkan angket bagi ibu PKK yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian dengan jumlah ibu PKK 20 orang dengan nilai 83,0 % dinyatakan puas telah mengikuti kegiatan pelatihan dalam pembuatan deterjen cair.

References

Hunaepi, Dkk. (2017). Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Melalui Pelatihan Produksi Deterjen Cair Di Desa Sukaraja Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ikip Mataram. 1(2). 65 – 67.
Ika. F.U, dkk. (2018). Penurunan Kadar Surfaktan Anionik dan Fosfat Dalam Air Limbah Laundry di Kawasan Keputih. Surabaya Menggunakan Karbon Aktif. Akta Kimia Indonesia. 3(): 127 – 140.
Rosariawari. F. (2008). Penurunan Konsentrasi Limbah Deterjen Menggunakan Furnace Bottom Ash (FBA). Jurnal Rekayasa Perencanaan. 4(3).
SNI (1996), Deterjen Cuci Cair, Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia, 06-4075-1996.
Veenstra. 1995. Wastewater Treatment International Institute For Infrastructural Hydraulic and Enviromental Enginnering (IHE). Netherland: Delf.
Published
2021-05-07
How to Cite
Nafaida, R., Fadlia, F., & Nursamsu, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Deterjen Cair Bagi Ibu PKK Gampong Sungai Pauh Pusaka. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 35-41. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i1.285