HARGA DAN PELAYANAN KREDIT SEBAGAI PENENTU KEPUASAN KONSUMEN: STUDI PADA ASTRA FIF CABANG PASURUAN II

Authors

  • Qolbiyah Ratna Buana Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Rifki Hanif Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Keywords:

Harga, Layanan Pinjaman Kredit, Customer Satisfaction, Kepuasan Pelanggan, Price

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan pelayanan pinjaman kredit terhadap kepuasan konsumen Dana Astra FIF Group Cabang Kabupaten Pasuruan II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada responden yang dipilih secara insidental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik faktor harga maupun kualitas pelayanan memiliki kontribusi terhadap tingkat kepuasan konsumen. Hal ini menegaskan pentingnya strategi penetapan harga yang kompetitif dan pelayanan yang responsif dalam membangun loyalitas dan persepsi positif konsumen terhadap lembaga pembiayaan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengelola jasa keuangan dalam mengoptimalkan faktor-faktor utama yang memengaruhi keputusan konsumen.

References

Abdul M. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra. Wacana Media, Jakarta.

Abdullah. (2013), Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Abdurrahman, H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia .

Andi P. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Athira T.S, Arlin F, M. Trenggana. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Telkomsel (Studi pada Mahasiswa Universitas Telkom Bandung), Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol. 3, No. 1.

Aqliyah D. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Harga dan Produk Terhadap Pembelian Impusif Dalam Belanja Online Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Diakses pada 16 Oktober 2017, Pukul 14.00 WIB.

Bambang S. (2013). Relevansi Nilai Informasi Akuntansi. (Diakses Tanggal 15 November 2014) [http://jimfeb.ub.ac.id].

Buku Gramedia di Jawa Timur, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 15 Maret file:///C:/Users/Acer/Downloads/18664-22078-4PB.pdf. Diakses 20 Juni 2015.

Danang S. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Dwi S. Adijati U. (2012). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Kepada Loyalitas Konsumen Studi Kasus Pada Minimarket Indomaret Tegalsari Semarang, Dinamika Manajemen Vol.1 No.2.

Emmy S dan Bintang S, (2013), Pengaruh Tata Letak Terhadap. Kepuasan Pelanggan ritel, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol 1, 2013.

Fauzi, R. A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giese & Cote. (2000). Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction Volume 2000 No. 1 Available:http://www.amsreview.org/articles/giese012000.pdf.

Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Operasi. Yogyakarta. BPFE-. Yogyakarta.

Gustafson, K.L. (2010). Instructional Tecnology a Systematic. Approach to Education. New York: Hlt Rinehart and Winston.

Hariani. (2008). Penetapan Harga, Mikro Ekonomi Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Husein, U. (2012). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Irawan, (2008), Manajemen Pemasaran Modern,. Liberty, Yogyakarta.

Ita, P. S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap kepuasan Pelanggan Berubah Menjadi Loyalitas Pelanggan Pada Coldplay Juice Soji. Skripsi jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Jl. Veteran Malang.

Kotler, G. A. (2016). Marketing Managemen. Edisi 14 New Jersey: Prentice Hall Published . Jakarta: Erlangga.

Kotler, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C, dan John W, (2011). “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Lonardo and Yasinta S. (2014). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lingkungan Fisik Perusahaan Kue Lapis Legit XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membangun Word of Mouth Positif”, Jurnal Manajemen, Vol. 11, No. 1, pp. 27-40.

Malhotra. (2010). Marketing Reserch An Applied Orisntation. Internasional: Edition Pearsc.

M. Basir, , et al. (2015). “Effect of Service Quality, Orientation Services and Pricing on Loyalty and Customer Satisfaction in Marine Transportatrrion.

Noto, E. H. (2016). Analisis Pengaruh Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 17, Juli 2016 dalam http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/download/1 28/115.pdf Diakses pada 25 Oktober 2018.

Peter, J. P. H. Donnelly, J. (2014). A Preface To Marketing Management. Twelfth Edition. New Tork. Mc Graw Hill.

Purnamasari, E, P., (2015), Panduan Menyusun SOP Standard Operating Procedure, Jagakarsa, Jakarta: PT Buku Kita.

Rangkuti, F. (2011). Riset Pemasaran. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka. Utama.

Ristiyanti P. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Santoso, S. (2012). Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Cetakan Pertama, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Setyo Tri Wahyudi. (2017). Statistika Ekonomi Konsep, Teori Dan Penerapan. Malang: UB Press.

Sangadji, E.M dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sarwono, J. (2012). Path Analysis Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Subroto, FX. A. 2013. Pengaruh Market Orientation terhadap Service Quality, Satisfaction dan Loyalty Pelanggan Toko

Sudjana, N. (2008). Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suproyogi et. al., (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang), (Malang: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No. 1, 2017)

Sunarto, (2006). Pengantar Manajemen Pemasaran, Cetakan 1. Yogyakarta : Ust. Press.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan. Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Suri, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Kanasha di Kota Langsa . Jurnal Managemen dan Keuangan Vol. 5, No. 1, Mei.

Susanto, W. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan di Kota Purwokerto . Jakarta: Sinar Jaya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarni dan Mayasari. (2011). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen, Jurnal Ekonomi Bisnis, TH.16, No. 1.

Tjiptono, F. (2015 ). Manajemen Jasa . Yogyakarta : ANDI.

Yudhistira Putu Budhi Setiawan, Ahmad Fudholi, Satibi, Juni (2016), Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk, dalam Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Volume 6, No. 2.

Downloads

Published

23-04-2025

How to Cite

Buana, Q. R., & Hanif, R. (2025). HARGA DAN PELAYANAN KREDIT SEBAGAI PENENTU KEPUASAN KONSUMEN: STUDI PADA ASTRA FIF CABANG PASURUAN II. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 6(1), 207–2016. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpro/article/view/2658