PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG

  • Ditya Wardana Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Profitabilitas , Kebijakan Hutang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan dividen dan profitabilitas terhadap kebijakan hutang pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2019. Kebijakan hutang dihitung dengan menggunakan debt to equity ratio (DER), kepemilikan manajerial dihitung menggunakan managerial ownership (MOWN), kebijakan dividen dihitung menggunakan dividend payout ratio (DPR), dan profitabilitas dihitung menggunakan return on asset (ROA). Objek penelitian adalah sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 40 perusahaan yang diambil melalui purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian melalui uji t menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan hutang sedangkan kepemilikan manajerial dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang.

References

Aziz, AM, Chomsatu Y, Masitoh E. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Hutang. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(2).

Bahri, Syaiful. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis, Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Andi: Yogyakarta.

_____________. (2017). Pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan dan arus kas bebas terhadap kebijakan hutang pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Jurnal Penelitian Teori dan Terapan dan Terapan Akuntansi, 2(2).

Clarashinta, Dyah Ayu. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan manufaktur 2011-2013. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Crutchley, C., and R. Hansen. (1989). A Test of the Agency Theory of Managerial Ownership, Corporate Leverage and Corporate Dividends. Financial Management.

Destita. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, Struktur Aset dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI. Skripsi STIE Asia Malang

Fransiska, Yuli. (2015). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Kebijakan Dividen terhadap Kebiakan Hutang pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1).

Jensen, M. & Meckling, W. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior Agency Cost, and Ownership Structure, Journal of Finance Economics, 3(4).

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniawati, Desy (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Arus Kas Bebas (Free Cash Flow) terhadap Kebijakan Hutang pada Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI. Skripsi STIE Asia Malang

Kurniawan, Rivan. (2017). Pertumbuhan ekonomi 2017 dan peranan industry manufaktur. 6 juli 2017 Diambil dari:http://rivankurniawan.com

Laily, Hanifatul (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Skripsi STIE Asia Malang

Larasati, Eva. (2011). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Kebijakan Dividen terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Ekonomi Bisnis. Tahun 16. No 2. Diambil dari http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/3-Eva-Larasati.pdf

Maretta Revi, Sudjana, dan Saifi. (2015). Pengaruh Kepemilikan Managerial, Kebijakan Dividen, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1).

Mujilestari (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Free Cash Flow, dan Profitabiltas terhadap Kebijakan Hutang pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di BEI. Skripsi STIE Asia Malang.

Muslichah dan Syaiful Bahri. (2021). Akuntansi Manajemen: Teori dan Aplikasi. Mitra Wacana Media: Jakarta.

Reviga (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Firm Size, dan Free Cash Flow Terhadap Kebijakan Hutang yang Terdaftar di BEI 2012-2016. Skripsi STIE Perbanas Surabaya Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 10(2), 1-2.

Sudana, I Made. (2009). Manajemen Keuangan. Surabaya: Airlangga University Press.

Published
2022-01-10
How to Cite
Wardana, D. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG. RISTANSI: Riset Akuntansi, 2(2), 173-188. https://doi.org/10.32815/ristansi.v2i2.785

Most read articles by the same author(s)