MAKNA TRADISI PONAN BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKUNTANSI

  • Sudrajat Martadinata Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fadli Faturrahman Universitas Teknologi Sumbawa
Keywords: Tradition, The Ponan, Accounting Education, Local Wisdom

Abstract

The purpose of this research is to discover the significance of the Ponan tradition for the advancement of accounting education. The study was carried out in Poto Village, Moyo Hilir District, Sumbawa Regency. Purposive Sampling was used to identify the informants under the study. Ethnographic method was used as a data analysis tool. The Ponan tradition is divided into three meanings: gratitude, kinship, and fertility. The implication can be used as a guideline when developing an accounting education curriculum based on local wisdom.

References

ANAS, M. (2018). Pembelajaran Akuntansi Berbasis Spiritualitas, Budaya Dan Kearifan Lokal. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 3(1), 35. https://doi.org/10.29407/jae.v3i1.12010

Budiwibowo, S. (2016). Membangun Pendidikan Karakter Generasi Muda Melalui Budaya Kearifan Lokal Di Era Global. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(01), 39–49. https://doi.org/10.25273/pe.v3i01.57

Darti Djuharni, Sonhaji, S., & Azis, N. A. (2019). Internalisasi nilai “ilir-ilir” pada pendidikan akuntansi: Dari “sandang” menuju “ageman.” Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi Islam, 4(2), 24–43. https://doi.org/10.34202/imanensi.4.2.2019.24-43

Ekasari, K. (2014). Rehumanisasi Pendidikan Akuntansi melalui Pendekatan Epistemologi 3ling. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(2), 273–286. https://doi.org/10.18202/jamal.2014.08.5016

Giri, E. F. (2008). Konvergensi Standar Akuntansi Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Kurikulum Akuntansi Dan Proses Pembelajaran Akuntansi Di Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(2), 7–22. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.930

Kamayanti, A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi Pengantar Religiositas Keilmuan. Penerbit Yayasan Peneleh Jakarta Selatan.

Kusdewanti. (2014). Indonesia Melalui Metafora Bantengan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(April), 149–169.

Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa Sma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.914

Mohamad Anwar Thalib , Supandi Rahman , Mei K. Abdullah , Yulia Puspitasari Gobel, Nomor 1, V. 8. (2021). Jurnal Akuntansi Aktual. Aktual, 8(23), 25–38. http://journal2.um.ac.id/index.php/jaa/article/view/14598

Mulawarman, A. D. (2018). Pendidikan Akuntansi Berbasis Cinta: Lepas Dari Hegemoni Korporasi Menuju Pendidikan Yang Memberdayakan Dan Konsepsi Pembelajaran Yang Melampaui. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 12(2), 142–158. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2008.v12.i2.300

Purna, I. M. (2012). Pesta Ponan Kearifan Lokal Masyarakat Samawa. Penerbit Ombak Yogyakarta.

Sari, D. A. (2021). Tradisi Tompangan Dalam Perspektif Akuntansi. RISTANSI: Riset Akuntansi, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.32815/ristansi.v1i1.348

Suardikha. (2013). Pengaruh Budaya THK Terhadap Penggunaan Sistem informasi Akuntansi. JAKI, 10(1), 20.

Sumarsih, S., & Mukminan, M. (2016). Pengembangan Multimedia Akuntansi Biaya Metode Harga Pokok Pesanan Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Uny. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 92. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8266

Supatmi, S. (2019). Local Wisdom: Deskripsi, Tantangan, dan Peluangnya dalam Penelitian Interpretif. Perspektif Akuntansi, 2(2), 121–144. https://doi.org/10.24246/persi.v2i2.p121-144

Wulandari, E., & Sukirno, S. (2012). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berbantu Media Monopoli Dalam Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 135–161. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.926

Suwardjono. (2011). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan Edisi Ketiga. BPFE Yogyakarta.

Triyuwono, I. (2012). Akuntansi Syariah Perspektif, Metodologi, dan Teori. PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Published
2022-01-10
How to Cite
Martadinata, S., & Faturrahman, F. (2022). MAKNA TRADISI PONAN BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKUNTANSI. RISTANSI: Riset Akuntansi, 2(2), 161-172. https://doi.org/10.32815/ristansi.v2i2.729