STRUKTUR KEPEMILIKAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA

  • Syaiful Bahri Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Yohanna Putri Arrosyid Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: Struktur Kepemilikan, Good Corporate Governance, Leverage, Ukuran Perusahaan

Abstract

Bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis struktur kepemilikan, good corporate governance, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019.  Penelitian menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan. Populasi penelitian 26 perusahaan. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel terpilih 9 perusahaan.

      Hasil penelitian struktur kepemilikan, good corporate governance, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Semua hipotesis tidak terbukti. Hasil uji adjusted R square 7,4% sehingga variabel independen sangat kecil dalam menjelaskan variabel dependen. Peneliti selanjutnya diharapkan memperluas ruang lingkup penelitian dan periode penelitian, dan menambah atau menggunakan variabel independen lain seperti kepemilikan manajerial, kualitas audit, komite audit, dan faktor lain yang berhubungan dengan manajemen laba.

Published
2021-07-29
How to Cite
Bahri, S., & Arrosyid, Y. (2021). STRUKTUR KEPEMILIKAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA. RISTANSI: Riset Akuntansi, 2(1), 59-77. https://doi.org/10.32815/ristansi.v2i1.424