ANALISIS IMPLEMENTASI SIMDA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN COBIT UNTUK MELIHAT EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR

  • Novi Ria Saputri STIE Kesuma Negara Blitar
  • Iwan Setya Putra STIE Kesuma Negara Blitar
Keywords: SIMDA Keuangan, Efektivitas Penggunaan Tekonologi Informasi, COBIT

Abstract

Posisi pegawai yang sering berganti dan aplikasi SIMDA Keuangan yang mengalami perubahan untuk menyesuaikan penerapan kebijakan baru dari cash basis ke accrual basis di Pemerintah Kabupaten Blitar mengharuskan pegawai untuk terus melakukan pembelajaran untuk mencapai tujuan penerapan teknologi informasi berupa aplikasi SIMDA Keuangan secara efektif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi SIMDA Keuangan dengan menggunakan COBIT untuk melihat efektivitas penggunaan teknologi informasi di Pemerintah Kabupaten Blitar. Teknik analisis menggunakan maturity level atau tingkat kematangan. Dengan menggunakan metode COBIT untuk menganalisis hasilnya adalah ukuran domain PO (Perencanaan dan Organisasi) menghasilkan level 3,54 - 4,36 dan domain DS (Penghantar dan Dukungan) menghasilkan level 3,72 - 4,28 artinya organisasi telah mencapai level 4.

References

Azizah, Noor. 2017. Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada E-Learning Unisnu Jepara. Jurnal SIMETRIS. Vol 8: 377-382. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Jepara.
Badan Pemeriksa Keuangan Dan Pembangunan. 2008. SIMDA dan Penerapannya. BPKP Pusat. Jakarta.
Darmawan, Deni dan Kunkun Nur Fauzi. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Hermanto, Dedy dan Desy Iba Ricoida. 2014. Analisis Pengukuran Tingkat Kematangan Menggunakan Kerangka COBIT 4.1 (Studi Kasus PT.SMI). 22-32 Jurnal SESINDO. STMIK GI MDP. Palembang.
O’brien, James A dan George M. Marakas. 2014. Management Information Systems. Nine edition. Mc Graw Hill. NYC. Terjemahan Puspitasari, Liza Nurbani dan Hirson Kurnia. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Edisi Sembilan. Jilid 1. Salemba Empat. Jakarta.
Putra, Iwan Setya. 2011. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Sistem Dan Prosedur Belanja Di Pemerintah Kota Blitar. Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK). 3(1): 68-91. LPPM STIEKEN Blitar. Blitar.
Sudiro, Achmad, Perdana Rahadian, dan Nur Prima. 2017. Sistem Informasi Manajemen. Universitas Brawijaya Press. Malang
Surbakti, Herison. 2012. Managing Control Object For It (COBIT) Sebagai Standar Framework Pada Proses Pengelolaan It-Governance Dan Audit Sistem Informasi. Jurnal Teknologi Informasi. Vol VII: 1-14. Universitas Respati. Yogyakarta.
Sutabri, Tata. 2014. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Andi. Yogyakarta.
Published
2021-01-17
How to Cite
Saputri, N., & Putra, I. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI SIMDA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN COBIT UNTUK MELIHAT EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR. RISTANSI: Riset Akuntansi, 1(1), 65-75. https://doi.org/10.32815/ristansi.v1i1.361