ANALISIS PENERIMAAN PENERAPAN SISTEM ZOOM CLOUD MEETINGS SEBAGAI E-MEETING PADA PENGGUNA JASA PELATIHAN BUSINESS WISDOM INSTITUTE (BWI) MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2)

  • Mohammad Rizal Mardiyanto Institut Asia Malang
  • Tin Agustina Karnawati
  • Agus Rahman Alamsyah
Keywords: industry 4.0, business wisdom institute, zoom cloud meetings, e-meeting, technology acceptance model 2, persepsi penerimaan pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan sistem Zoom Cloud Meetings sebagai teknologi e-meeting pada pengguna jasa pelatihan Business Wisdom Institute (BWI) menggunakan metode Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Populasi pada penelitian ini diambil pada periode April – Juni 2020. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan rumus Slovin. Sampel berjumlah 94 orang dengan latar belakang sektor pekerjaan yang berbeda. Metode analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif pada 10 variabel/konstruk pada TAM 2 menggunakan SPSS 23 serta analisis jalur Structure Equation Model (SEM) menggunakan AMOS 22. Dari penelitian ini menunjukkan teknologi Zoom Cloud Meetings pada pengguna jasa pelatihan di BWI dapat digunakan dengan baik walaupun tidak memiliki manfaat yang signifikan pada e-meeting di BWI maupun di luar BWI. Pengguna Zoom Cloud Meetings perlu dibekali informasi penggunaan sebelum dilaksanakan e-meeting. Selain itu, penggunaan metode TAM 2 dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan variabel eksternal lain agar didapatkan hasil penelitian yang lebih luas.

References

Solopos.com. (2020, April 25). Pengguna Zoom Sehari Tembus 300 Juta, Melonjak Saat Covid-19. Solo, Jawa Tengah, Indonesia.

Rosyid, N. M., Thohari, I., & Lismanda, Y. F. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam Kuliah Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam.

Lee, J., Kim, J., & Choi, J. Y. (2019, June). The adoption of virtual reality devices: The technology acceptance model integrating enjoyment, social interaction, and strength of the social ties. International Journal of Telematics and Informatics, 39, 37-48. doi:https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.12.006

Lemay, D. J., Doleck, T., & Bazelais, P. (2017, October). “Passion and concern for privacy” as factors affecting snapchat use: A situated perspective on technology acceptance. International Journal of Computers in Human Behavior, 75, 264-271. doi:https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.05.022

Scherer, R., Siddiq, F., & Tondeur, J. (2018, September). The technology acceptance model (TAM): A meta-analytic structural equation modeling approach to explaining teachers’ adoption of digital technology in education. International Journal of Computers & Education, 13-35. doi:10.1016/j.compedu.2018.09.009

Khotimah, D. A., Nurcahyawati, V., & Erstiawan, S. (2017). Analisis Penerimaan Penerapan PARIS (Parking Information System) dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) pada Area Parkir Stikom Surabaya. Jurnal Sistem Informasi & Komputer Akuntansi (JSIKA), 5(9), 1-14.

Kushatmaja, R. P., & Suryani, E. (2019). Analysis of Factors Affecting Edmodo Adoption as Learning Media Using Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Jurnal Nasional Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 5, 16-23.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Multivariate dengan Proses SPSS. Jawa Tengah: Universitas Diponegoro.
Published
2021-06-08
How to Cite
Mardiyanto, M., Karnawati, T., & Alamsyah, A. (2021). ANALISIS PENERIMAAN PENERAPAN SISTEM ZOOM CLOUD MEETINGS SEBAGAI E-MEETING PADA PENGGUNA JASA PELATIHAN BUSINESS WISDOM INSTITUTE (BWI) MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL 2 (TAM 2). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 57-70. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.448