PENGARUH EFISIENSI HARGA, PROMOSI ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI JATIM PARK 3 KOTA BATU PADA ERA NEW NORMAL

  • surjo widodo Institut Asia Malang
  • Tin Agustina Karnawati
  • Agus Rahman Alamsyah
Keywords: efisiensi harga, promosi, minat berkunjung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efisiensi harga, promosi online, dan promosi offline terhadap minat berkunjung wisatawan di Jatim Park 3 Batu selama masa new normal. Penelitian ini merupakan explanatory research yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap pengunjung Jatim Park 3 di era new-normal. Populasi penelitian adalah seluruh pengunjung Jatim Park 3 di era new-normal yang jumlahnya tidak diketahui sehingga teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh efisiensi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung, di mana semakin efisien harga yang ditawarkan kepada calon pengunjung maka semakin tinggi minat berkunjung. Selain itu, hasil penelitian juga membuktikan bahwa baik promosi online maupun offline juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung, di mana semakin tinggi promosi yang dilakukan maka semakin tinggi pula minat berkunjung.

References

Albarq, Abbas N. (2014). Measuring The Impact Of Online Word Of Mouth On Tourists Attitude And Intention To Visit Jordan: An Emperical Study. International Business Research; Vol. 7, No. 1, 2014.http://www.emeraldinsight.com.

Ali, Mohammad dan Istanto. 2018. Manajemen Sekolah Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Basu Swastha dan Irawan.2013. Manajemen Pewasaran Modern, Edisi 2, Penerbit Liberty, Yogyakarta

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Cahyono, B., Amboningtyas, D., Haryono, A. T., Malik, D. 2017. Analisa Kekuatan Pengaruh Pemasaran Melalui Online Marketing, Offline Marketing dan Service Excellent Terhadap Loyalitas Konsumen Pt. Adinata Graha Raya Kaliwungu Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, Vol. 3 (3), 1-13. ISSN: 2502-7689.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Damanik, dan Weber.2011. Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Dharmmesta, B. S. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dharmmesta, B. S., dan Handoko, T. H. 2012. Manajemen. Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur. 2018. “Anugerah Wisata Jawa Timur 2018”, diakses melalui https://disbudpar.jatimprov.go.id/read/umum/anugerah-wisata-jawa-timur-2018/, pada 21 September 2020 pukul 12.00

Fajriasari, A. 2013.Pengaruh Jumlah Wisatawan, Lama Tinggal, dan Pengeluarannya Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Sektor Pariwisata di Jawa Tengah.Universitas Pendidikan Indonesia.
Fandy Tjiptono. 2017. Pengaruh Pemasaran. Edisi 4: Andi

Ferdinand, A. 2012.Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS.Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares: Regression and Structural Equation Models. Asheboro, NC: Statistical Associates Publishers.

Hair, Joseph E., Jr. Et al. (2014). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). SAGE Publications, Inc. California, USA.

Hasibuan, M. S. P. 2014. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Penerbit Gunung Agung.

Heriawan, R. 2004. Peranan dan Dampak Pariwisata pada Perekonomian Indonesia, Suatu Pendekatan Model I-O dan SAM.Disertasi.Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2012.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, K. L. 2012.Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 2. Alih bahasa: Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Lupiyoadi dan Hamdani, 2018.Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mohammed, Rafi A., Berrnard J Jaworski, Robert J. Paddison, Gordon J. 2013. Internet Marketing Building Advantage In A Network Economy. Second Edition. New York: McGraw-Hill.

Moreira, Ines da Costa. 2002. Peran Promosi Dalam Meningkatkan Arus Wisatawan Domestik: Studi Kasus Pada Kebun Binatang Gembira Loka Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Sanata Dharma University.

Mudrajad Kuncoro, (2013). “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin Syah. 2010.Psikologi Pendidikan.PT Remaja Posdakarya Offset: Bandung.

Murdifin Haming dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern, Operasi Manufaktur dan Jasa, Buku Kesatu, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Nazir, M. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nopirin (2014). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro-Makro. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Pendit, Nyoman S. 2011. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradya Pramita.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, A. H., Suharyono, dan Kumadji, S. 2015. Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung.Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 28 (1), 1-7.

Rangkuti, F. 2010. Pengaruh Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated, Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Richa, I. 2020. “Hingga Akhir Agustus, Jumlah Kunjungan di Kota Batu Sudah Capai 1,1 Juta Wisatawan”, diakses melalui https://www.jatimtimes.com/baca/223024/20200907/133200/hingga-akhir-agustus-jumlah-kunjungan-di-kota-batu-sudah-capai-1-1-juta-wisatawan/, pada 21 September 2020 pukul 12.00.

Ristania, N., dan Justianto, J. 2014. Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “ Online Shop” S-Nexian Melalui Facebook. Jurnal of Business Strategy and Execution, Vol 5 No.2 2014, ISSN: 131-161.

Santoso, S. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Schiffman,& Kanuk. 2012. Perilaku Konsumen, Alih Bahasa oleh Zulkifli Kasip, Jakarta: Penerbit PT. Index.

Secapramana, V. H. 2001. Model Dalam Pengaruh Penetapan Harga. Unitas, Vol. 9 (1), Februari 2001, 30-43.

Sekaran, U. 2010. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, B. 2012.Panduan Riset Prilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.

Simamora, H. 2010. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Singarimbun, M., dan Effendi, S. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekartawi.2013. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.

Stoner, James A. F., and R. Edward Freeman. 2010. Principles of Management. New Delhi: Phi Beta Kappa.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,.Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Suharyat, Yayat. (2016). Hubungan Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Jurnal FKIP : Regional

Sulistyari, I. N. 2012. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Dipenogoro Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Dipenogoro.

Sustina.2010. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: RemajaRosdakarya

Tjiptono, F. 2013. Pengaruh Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta: ANDI Offset.

Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Viasari, Y. 2016. Analisis Pemasaran Online Melalui Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Kasus Pada Butik Viesna. Skripsi. Semarang: STAIN Kudus, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam.

Widagdyo, K. G. 2017. Pemasaran, Daya Tarik Ekowisata, Dan Minat Berkunjung Wisatawan. ESENSI: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 7 (2), 261-276.

Widayat, A. 2014.Metode Penelitian Pemasaran. Malang : CV. Cahaya Press.

Yoeti, A. Oka. 2011. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Published
2021-06-08
How to Cite
widodo, surjo, Karnawati, T., & Alamsyah, A. (2021). PENGARUH EFISIENSI HARGA, PROMOSI ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DI JATIM PARK 3 KOTA BATU PADA ERA NEW NORMAL. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 48-56. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.447