PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA EVENT ORGANIZER CLEOPATRA MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.446Keywords:
service quality, price, personal selling, customer satisfactionAbstract
Potensi bisnis penyelenggara acara yakni event organizer (EO) terus tumbuh. sebab kebutuhan ragam acara, baik itu bagi organisasi maupun non organisasi makin marak. Kehadiran event organizer seringkali dibutuhkan oleh beberapa orang yang berencana menyelenggarakan acara tertentu. Usaha event organizer ini berkembang dengan pesat karena meningkatnya ketergantungan masyarakat pada jasa organizer. Kehadiran event organizer seringkali dibutuhkan oleh beberapa orang yang berencana menyelenggarakan acara tertentu. Acara yang biasanya membutuhkan jasa event organizer antara lain seperti acara pernikahan, ulang tahun, gathering, MICE dan beberapa acara lain.
Pada penelitian ini digunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling pada berjumlah 67 orang pelanggan sebagai sampel. Hasil penelitian ini menyatakan, antara lain: 1) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; 3) Personal Selling berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan; 4) Kualitas Pelayanan, Harga, dan Personal Selling berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Event Organizer Cleopatra Management.