PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA WISATA EDUKASI KAMPOENG KIDZ BATU
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.445Keywords:
produk, harga, promosi, tempat, keputusan berkunjungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Marketing Mix yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat/lokasi), dan promotion (promosi) berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke obyek wisata Kampoeng Kidz di Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasinya wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Kampoeng Kidz dengan sampel 72 responden menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data : penelitian wawancara, kuisioner, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji koefisiensi korelasi, uji koefisien determinasi, analisis linear berganda mengguhakan program SPSS 26.00. Hasil penelitian ini menunjukan Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, tempat/lokasi, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Pengelola obyek wisata Kampoeng Kidz di Kota Batu sebaiknya menerapkan Marketing Mix secara bersama yang pada akhirnya akan mempengaruhi mempengaruhi Keputusan Berkunjung wisatawan.