PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA WISATA EDUKASI KAMPOENG KIDZ BATU

  • Kemal Savero Institut Asia Malang
  • Yunus Handoko
  • Theresia Pradiani
Keywords: produk, harga, promosi, tempat, keputusan berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Marketing Mix yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat/lokasi), dan promotion (promosi) berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke obyek wisata Kampoeng Kidz di Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasinya wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Kampoeng Kidz dengan sampel 72 responden menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data : penelitian wawancara, kuisioner, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji koefisiensi korelasi, uji koefisien determinasi, analisis linear berganda mengguhakan program SPSS 26.00. Hasil penelitian ini menunjukan Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, tempat/lokasi, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Pengelola obyek wisata Kampoeng Kidz di Kota Batu sebaiknya menerapkan Marketing Mix secara bersama yang pada akhirnya akan mempengaruhi mempengaruhi Keputusan Berkunjung wisatawan.

References

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.

Andreansyah, Riezky Bhrammana. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Mancanegara ke Museum House of Sampoerna. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 6.

Bachtiar, M Latief. 2016. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung Kidul. Studi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Brata, Baruna Hadi, Shilvana Husani, & Hapzi Ali. 2017. The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies. Vol - 2. (Iss-4B), 433-445.

Husna, Lailal, Endang Sulistya Rini, & Beby KF Sembiring. 2018. The Influence Of Marketing On Decision Marketing Travelers Tourism Visiting Medan City. International Journal Of Scientific & Technology Research Vol – 7. (Iss 4), 287- 303.

Kotler, Philip & Gary Amrstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lita, Ratni Prima. 2010. Pengaruh Implementasi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Di Kota Padang. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, ISSN: 2085-0972, Vol 2 No.2 Juli- Desember 2010.

Manampiring, Andrew F. & Irvan Trang. 2016. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di PT. Astra International Tbk Malalayang. Jurnal EMBA. Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 472-483.

Sipayung, Mei Linda & Asmina Herawaty Sinaga. 2017. Marketing Mix Effect and Quality Product Purchase Decision on Rice Pandaraman in South Tapanuli Region. IOSR Journal of Business and Management. Vol - 19, (Iss 3). Ver. II, 85-89.

Yudananto, Wisnu dkk. 2010. Peranan Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Daerah Di Indonesia. (Analisis Interregional Input - Output). Jurnal Ekonomi Universitas Padjajaran, Volume
Published
2021-06-08
How to Cite
Savero, K., Handoko, Y., & Pradiani, T. (2021). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA WISATA EDUKASI KAMPOENG KIDZ BATU. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 34-42. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.445