PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK.COM

  • Aji Darmanto Institut Asia Malang
  • Theresia Pradiani
  • Widi Dewi Ruspitasari
Keywords: kualitas website, promosi penjualan, minat beli, bukalapak

Abstract

Website masih menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis di era digital ini. Kualitas website  yang baik akan secara langsung memberikan pengaruh bagi jalannya suatu bisnis. Terdapat berbagai macam jenis Website salah satunya adalah marketplace sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli. Berkembangnya suatu marketplace  dipengaruhi dengan banyaknya kunjungan dari calon konsumen. Ada banyak faktor pendukung yang dapat meningkatkan kunjungan di suatu marketplace  salah satunya dengan promosi penjualan. Dengan adanya Website dan promosi penjualan ini akan menimbulkan minat beli kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif  sejumlah 100 responden yang dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner yang dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan Analisa Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh secara positif signifikan Kualitas website  terhadap Minat Beli, 2) terdapat pengaruh secara positif signifikan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli dan 3) terdapat pengaruh secara positif signifikan Pengaruh Kualitas website  dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli. Berdasarkan Uji Beta menunjukan bahwa Kualitas website  mempunyai pengaruh terbesar dibandingkan Promosi Penjualan, maka dari itu penulis menyarankan untuk meningkatkan Kualitas website  di Bukalapak untuk meningkatkan Minat Beli di Bukalapak.com

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Barnes, S.J. dan Vidgen, R. T. (2003). Measuring Web Site Quality Improvements a Case Study of The Forum on Strategic Management Knowledge Exchange. Journal of Industrial Management and Data System.

Chang, H. H., & Chen, S. W. (2008). The impact of online store environment cues on purchase intention: Trust and perceived risk as a mediator. Online Information Review, 32(6), 818–841. https://doi.org/10.1108/14684520810923953

Cooper, R., D., Emory, & C.., W. (1997). Metode Penelitian Bisnis. Erlangga.

Durianto. (2003). Brand Equity ten, Strategi memimpin pasar. PT Gramedia pustaka utama.

Hasanov, J., & Khalid, H. (2015). The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual Model Approach. Procedia Computer Science, 72, 382–389. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.153

Himawan, L., & Abduh, D. (2015). Analysis of online sales promotion toward youth purchase intention in Indonesia (Case study of apparel industry). International Journal of Applied Business and Economic Research, 13(7), 4677–4690.

Jauhari, M. T., Kusumawati, A., & Nuralam, I. P. (2019). The Impact of Website Quality on Consumer Satisfaction and Purchase Intention (Study Case of E-Commerce Lazada Indonesia in Malang City). Jurnal Administrasi Bisnis, 67(1), 54–61.

Kara, A. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Online Shop Elevenia Di Bbm Grup Terhadap Minat Beli Mahasiswi. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 5(1), 42445.

Kim, J., & Lennon, S. J. (2013). Effects of reputation and website quality on online consumers’ emotion, perceived risk and purchase intention: Based on the stimulus-organism-response model. Journal of Research in Interactive Marketing, 7(1), 33–56. https://doi.org/10.1108/17505931311316734
Kominfo. (2018). Laporan Tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2018. 1–70. https://eppid.kominfo.go.id/storage/uploads/2_26_LAPORAN_TAHUNAN_KOMINFO_2018.pdf

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran edisi 12. Erlangga.

Kotler, & Philip. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2. Erlangga.

McCarthy, E., J., Perreault, & D, W. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi kelima, alih Bahasa : Agus Darma. Erlangga.

Octavia, D., & Tamerlane, A. (2017). The Influence of Website Quality on Online Purchase Intentions on Agoda.Com with E-Trust as a Mediator. Binus Business Review, 8(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v8i1.1680

Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku konsumen. Edisi 7. Indeks.

Sørum, H. (2014). Dressed for web success? An empirical study of website quality in the public sector.

Sugiyono., P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Theresia, P., Nazief, N., & Edi, S. (2018). The Effect Of Website And Relationship Marketing On Purchase Intention Through Brand Awareness: Case Studies On Retail Customers. 7(July), 107–112. https://doi.org/https://doi.org/10.18551/rjoas.2018-07.27

Wildan, M., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Harga, Iklan dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA). Jurnal Riset Manajemen, 103–116. www.fe.unisma.ac.id
Published
2021-06-08
How to Cite
Darmanto, A., Pradiani, T., & Ruspitasari, W. (2021). PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK.COM. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 20-33. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.444