PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK.COM
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.444Keywords:
kualitas website, promosi penjualan, minat beli, bukalapakAbstract
Website masih menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis di era digital ini. Kualitas website yang baik akan secara langsung memberikan pengaruh bagi jalannya suatu bisnis. Terdapat berbagai macam jenis Website salah satunya adalah marketplace sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli. Berkembangnya suatu marketplace dipengaruhi dengan banyaknya kunjungan dari calon konsumen. Ada banyak faktor pendukung yang dapat meningkatkan kunjungan di suatu marketplace salah satunya dengan promosi penjualan. Dengan adanya Website dan promosi penjualan ini akan menimbulkan minat beli kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif sejumlah 100 responden yang dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner yang dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan Analisa Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh secara positif signifikan Kualitas website terhadap Minat Beli, 2) terdapat pengaruh secara positif signifikan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli dan 3) terdapat pengaruh secara positif signifikan Pengaruh Kualitas website dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli. Berdasarkan Uji Beta menunjukan bahwa Kualitas website mempunyai pengaruh terbesar dibandingkan Promosi Penjualan, maka dari itu penulis menyarankan untuk meningkatkan Kualitas website di Bukalapak untuk meningkatkan Minat Beli di Bukalapak.com