PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK.COM

Authors

  • Aji Darmanto Institut Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.444

Keywords:

kualitas website, promosi penjualan, minat beli, bukalapak

Abstract

Website masih menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis di era digital ini. Kualitas website  yang baik akan secara langsung memberikan pengaruh bagi jalannya suatu bisnis. Terdapat berbagai macam jenis Website salah satunya adalah marketplace sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli. Berkembangnya suatu marketplace  dipengaruhi dengan banyaknya kunjungan dari calon konsumen. Ada banyak faktor pendukung yang dapat meningkatkan kunjungan di suatu marketplace  salah satunya dengan promosi penjualan. Dengan adanya Website dan promosi penjualan ini akan menimbulkan minat beli kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif  sejumlah 100 responden yang dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner yang dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan Analisa Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh secara positif signifikan Kualitas website  terhadap Minat Beli, 2) terdapat pengaruh secara positif signifikan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli dan 3) terdapat pengaruh secara positif signifikan Pengaruh Kualitas website  dan Promosi Penjualan terhadap Minat Beli. Berdasarkan Uji Beta menunjukan bahwa Kualitas website  mempunyai pengaruh terbesar dibandingkan Promosi Penjualan, maka dari itu penulis menyarankan untuk meningkatkan Kualitas website  di Bukalapak untuk meningkatkan Minat Beli di Bukalapak.com

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Darmanto, A. (2021). PENGARUH KUALITAS WEBSITE DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI DI BUKALAPAK.COM. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 20–33. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i1.444