PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISKON, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MAHARANI PRIMA SKIN CARE DI BLITAR

  • Devi Marta Dwi Institut Asia Malang
  • Theresia Pradiani
  • Ike Kusdyah Rachmawati
Keywords: kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan, keputusan pembelian

Abstract

Maharani Prima skin care adalah klinik kecantikan di kota Blitar. Maharani Prima skin care menjadi salah satu pelopor pertama klinik kecantikan yang ada di Blitar dan seiring berjalannya waktu Maharani Prima skin care mampu berkembang dengan sangat pesat. Di tahun 2014, klinik yang brlokasi di daerah Sutojayan, Blitar tersebut mulai mengeluarkan brand skine care dengan formula khusus yang dibuat langsung oleh dr. Maharani Prima dan telah terdaftar BPOM serta tersertifikasi halal.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian online Maharani Prima skin care, pengaruh harga terhadap pembelian online Maharani Prima skin care, pengaruh diskon terhadap pembelian online Maharani Prima skin care, pengaruh kepercayaan terhadap pembelian online Maharani Prima skin care. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengamilan sampel menggunakan sampel slovin dan purposive sampling dengan jumlah 150 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS. Analisis data menggunakan regresi linier brganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpenaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sedangkan harga, diskon, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online Maharani Prima skin care. Secara simultan variabel kualitas produk, harga, diskon dan pekercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online Maharani Prima skin care, dan keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable kualitas produk, harga, diskon dan kepercayaan sebesar 75.6% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variable lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

References

Daftar Pustaka
Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Depok:Salemba Empat, 2001
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta : Andi Offset, 2008

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Manajemen 13e. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1 & 2, alih bahasa oleh Bob Sabran : Erlangga.

Kotler, Philip dkk. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia Buku 3, Terj. Handoyo Prasetyo. Yogyakarta:Penerbit Andi. 2000.

Devi, Lenggang Kurnia Intan. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee”. Skripsi. UIN Sunan Ampel:Surabaya. 2019.

Kalih Purwasih. “Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee. IAIN Purwokwerto. 2019”

Mohammad Norpan Dwi. “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. 2018”

Ardyansyah. “Pengaruh Diskon, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Online Shop Shopee.2020”
Published
2021-06-08
How to Cite
Dwi, D., Pradiani, T., & Rachmawati, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DISKON, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MAHARANI PRIMA SKIN CARE DI BLITAR. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 8-19. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.442