PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MELALUI BRAND IMAGE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DESTINASI PARIWISATA, POLITEKNIK KOTA MALANG

  • Arkinanti Hanumi Indahniar Institut Asia Malang
  • Ike Kusdyah Rachmawati Institut Asia Malang
  • Fathorrahman Fathorrahman Institut Asia Malang
Keywords: kualitas pelayanan, budaya akademik, kepuasan, brand image

Abstract

Bertujuan mengetahui pengaruh: 1) Kualitas pelayanan terhadap brand image; 2) Budaya akademik terhadap brand image; 3) Kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa; 4) Budaya akademik terhadap kepuasan mahasiswa; 5) Brand image terhadap kepuasan mahasiswa; 6) Kualitas pelayanan terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa; 7.) Budaya akademik terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa Program Studi Destinasi Pariwisata, Politeknik Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden adalah 43 mahasiswa aktif angkatan 2017, 2018, dan 2019 Program Studi Destiasi Pariwisata, Politeknik Kota Malang dengan menggunakan metode sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan, antara lain: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap brand image; 2) Budaya akademik tidak berpengaruh terhadap brand image; 3) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; 4) Budaya akademik tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; 5) Brand image tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa; 6) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa; 7) Budaya akademik tidak berpengaruh terhadap kepuasan melalui brand image pada mahasiswa Program Studi Destinasi Pariwisata, Politeknik Kota Malang

References

Bakrie, Muhammad, dkk. 2019. The Influence of Service Quality, Institutional Reputation, Students’ Satisfaction on Students’ Loyalty in Higher Education Institution. International Journal for Educationland Vocational Studies, Vol.1,No.5, September 2019, pp. 379-391.

Budiarti, Erika Mei, dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan, Budaya Akademik, dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, Nomor 3 Juli 2018: 169-178.

Bulkia, Sri. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa. At-Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.2, No.1.

Casidy, Riza dan Walter Wymer. 2015. The Influence of University Brand Strength on Student Satisfaction, Loyalty, and Word-of-Mouth. Academy of Management Annual Meeting Proceedings 2015(1): 12920-12920.

Dharsono, Wardhana Wahyu, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Non-Akademik Citra Lembaga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, Vo.1 No.2, Agustus 2015, Pascasarjana Intitut Teknologi Nasional Malang.
Mujahidin, Ali, dkk. 2018. Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kompetensi Dosen terhadap Loyalitas Mahasiswa melalui Kepuasan Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi pada IKIP PGRI Bojonegoro). Al Tijarah: Vol.4 No.2, Desember 2018 (49-66).

Singarimbun. 2006. Metode dan Proses Penelitian dalam Masri Singarimbun & Sofian Effendi, Metode Penelitia Survei, Jakarta: Pustaka LP3ES.

Susanto, P. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Merek Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial Budaya dan Ekonomi. Vol. VIII. No. I.

Sondakh, Conny. 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3 No.1, 2014:19-32.
Published
2021-06-08
How to Cite
Indahniar, A., Rachmawati, I., & Fathorrahman, F. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BUDAYA AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MELALUI BRAND IMAGE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DESTINASI PARIWISATA, POLITEKNIK KOTA MALANG. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.441