PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), UKURAN PERUSAHAAN, DAN ARUS KAS BEBAS TERHADAP MANAJEMEN LABA

  • Raudatul Jannah
Keywords: Manajemen laba, discretionary accrual, Investment Opportunity Set, ukuran perusahaan, arus kas bebas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), ukuran perusahaan dan arus kas bebas terhadap manajemen laba baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan The Modified Jones Model untuk menghitung discretionary accrual yang menjadi proksi dari manajemen laba.  Investment Opportunity Set (IOS) diproksikan menggunakan market to book value of equity/berbasis harga yang dinotasikan dengan SKI. Ukuran perusahaan di proksi dengan total aktiva dan arus kas bebas di proksi dengan arus kas operasi dikurangi arus kas investasi. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia selama 2013-2017 sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil purposive sampling diperoleh 11 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel Investment Opportunity Set (IOS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. 2) Variabel Ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap manajemen laba. 3) Variabel Arus kas bebas tidak berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap manajemen laba. 4) Investment Opportunity Set (IOS), Ukuran perusahaan, dan Arus kas bebas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.

References

Agustia, Dian, 2013, “Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 15, No. 1, 27- 42. Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga, Surabaya.

Agustina, Islahuddi, dan Arfan (2015), “Pengaruh Set Peluang Investasi Dan Financial Leverage Terhadap Return Saham Yang Dimediasi Oleh Manajemen Laba’. Jurnal Megister Akuntansi ISSN 2302-0164 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala pp. 12 – 19.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Housten. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat
Gaver, Jennifer J., dan Kenneth M.Gaver, 1993. Additional Evidence on the Association between the Investment Opportunity Set and Corporate Financing, Dividen, and Compensation Policies. Journal Of Accounting & Economics, 16:125-160.

Gunawan, Darmawan, dan Purnamawati, 2015, “Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI”, e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Volume 03, No.01).

Jensen, Michael, and William Meckling, 1976. “Theory of The Firm : Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure”. Journal of Financial Economics, 3, pp. 305-360.
Kallapur, Sanjay., dan Mark A Trombley. 2001. “The Investment Opportunity Set : Determinants, Consequnces and Measurement”, Managerial Finance, 27:3.

Kodriyah dan Fitri, 2017, “Pengaruh Free Cash Flow dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur di BEI”, Jurnal Akuntansi. Vol. 3 No. 2. Januari 2017, p-ISSN 2339-2436, e-ISSN 2549-5968.

Mardadi dan sanjaya, (2013), “Pengaruh Set Kesempatan Investasi Terhadap Hubungan Antara Asimetri Informasi Dan Tingkat Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universtas Atma Jaya Yogyakarta.

Muhlisin, 2014, “Pengaruh arus kas bebas, ukuran perusahaan,ukuran kantor akuntan publik, masa perikatan audit dan piutang tidak tertagih terhadap manajemen laba”, Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran, Semarang.

Muliati, Ni Ketut, 2011, “Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Pada Praktik Manajemen Laba Di Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Tesis Program Magister Program Studi Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Pambudi dan Sumantri. “Kualitas audit, ukuran perusahaan dan leverage terhadap manajemen laba”, Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universtas Mataram, Lombok.

Prasetya dan Gayatri, 2014, “Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening”, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 14.1 Januari 2016: 511-538.

Sandy, M. Arief, 2015, “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba pada industri perbankan dengan variabel moderating kepemilikan manajerial”, Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Sulistyanto, Sri.H., 2008, Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Jakarta: PT. Grasindo, Anggota Ikapi.

Zuhri, Akhmad Bakkrudin. 2010, “Pengaruh arus kas bebas dan komite audit terhadap manajemen laba”, Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

www.bei.co.id
www.idx.co.id
www.kemenperin.go.id
www.news.detik.com
www.republika.co.id
Published
2020-11-11
How to Cite
Jannah, R. (2020). PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), UKURAN PERUSAHAAN, DAN ARUS KAS BEBAS TERHADAP MANAJEMEN LABA. JUBIS: Jurnal Bisnis, 1(1), 38-49. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis/article/view/315
Section
Articles