PENGARUH PROMOSI ONLINE ,WORD OF MOUTH SERTA KUALITAS LAYANANTERHADAP KEPUTUSAN MENGIKUTI PROGRAM BELAJAR DI PKBM HOMESCHOOLING THE BEST PROBOLINGGO
Keywords:
Lembaga PKBM Homeschooling, pengaruh promosi online, word of mouth, kualitas layanan, keputusanAbstract
Program homeschooling dan bimbingan belajar diminati karena dapat meningkatkan prestasi dan membantu mengikuti ujian kejar paket.Program homeschooling ditujukan untuk anak anak yang tidak sekolah diformal karena alasan tertentu. Penelitian terdahulu pada promosi online, word of mcuth sertakualitas layanan tidak berpengaruh pada pengambilan keputusan. Penelissssstian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa besar pengaruh promosi online, word of mouth dan kualitas layanan terhadap keputusan mengikuti program belajar. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 135 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 57 responden dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Analisa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisa kuantitatif deskriptif dan regresi linier berganda. Penelitian ini menjelaskan bahwa promosi online berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan mengikuti program belajar, wordof mouth berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan mengikuti program belajar dan kualitas layanan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan mengikuti program belajar di PKBM Homeschoolong The Best. Secara simultan dengan uji F semua variabel berpengaruh terhadap variabel Y. Lembaga PKBM Homeschooling The Best kedepannya lebih meningktakan kualitas layanannnya dan word of mouth.
References
Ade Raissa Nurgayatri, 2016.Pengaruh PromosiOnline Pada Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand ElMlera. E Proceecing OfMnnogenmen : vol 3. No. 3.
Andy, Sernovitz, 2009. Word Of Marketing , How Smnt Companies, Cret Peofile Talking (Resiveâ Edition). New York: Kaplan Publishing.
Ardiantri dan Snemirat, 2004. Dasar-dasar Pulic Relatinns: Bandung PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik, Edisi Revisi, RinekaCipta
Aris Jatmiko Diyat ma, 2017. Pengaruh Promosi Melalui Medi Sosial lnstagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bisto Dan Bar .Fprrceecrn$ Of Menu gemen :vol 4 No 1.
Bagas Aji Pamungkas.20 16.Pengaruh Promosi Dr Media Sosial Dan Word Of ñfouth Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komiinikasi,l0(2), 145-160.
Basu Swasta (2002). Majamenen Pemasaran Modem. Yogyakarta: Liberty.
Denny Daud , 2015 .Promosi Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiyaan Pada PT BESS Finance Manado : vol 1 No 4.
Donni Juni Priansa, 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu.CV Pustaka Setia.
Eny Soraya. 2019. Sinergi PKBM Dan Homeschooling.Penerbit Yayasan Putra Bangsa AL Hamzah.
Ferdinand A, 2014. Metode Peneltian Manajemen Edisi Kelima. Badan Penerbit UniversitasDiponegoro, Semarang.
Hamdani Lapi Yoadi, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
lndriyo Gito Sudarmo, 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Cetakan Keempat,PenerbitBPF
Kiki Joesyiana ,2018Pengaruh Komunikasi dari mulut ke mulut (Word Of mouth )danEkuisitasMerk (Brand Equ‹ity) Terhadap Niat Memilih Bimbingan Belajar Ganesha OperationDi
Kabupaten Boyolali : vol 1 no 1 .
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Terjemahan Bob.
Sabran. MM. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi, Rambat, 2013. Manajemen Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat. Muller-Bloch. C.Z Kranz, 2015. A Frnmewnrk Fnr fiigonoi‹.sly Identit yng Research Gny In
Gunlitntive Literature Reviews.
.Parasuraman, V.A, 201 1 . A Conceptual Model Of Service Qualit y And it.s implication Fair Future Resenrch. Service Quality, 2015:220.
Purwoto, Agus, 2007. Parxiuan Laboratorium Statistik lnterensial. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Riyanto SettiawanSuharsono,20 19. Pengaruh Promosi Media On line Terhadap Keputusan PembelianProduk Hijab : voll . no2.