ANALISIS PENGARUH MASA KERJA, UPAH DAN USIA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA BURUH BORONGAN LINTING ROKOK DI SKT GEBOG, PT.DJARUM KUDUS

  • Ayndri Nico Prayudo
Keywords: PT.Djarum, Produktivitas, Masa Kerja; Upah, Usia

Abstract

Pencapaian suatu perusahaan erat kaitannya dengan produktivitas tenaga kerja yang ada disana, termasuk juga PT.Djarum yang memproduksi sigaret kretek tangan (SKT). Dalam pembuatannya SKT dibuat oleh pekerja borongan wanita yang menggunakan tenaga manual dan hasilnya fluktuatif. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujan untuk mengetahui pengaruh faktor masa kerja, upah dan usia yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja di SKT Gebog, PT Djarum Kudus. Dalam penelitian ini dilakukan analisa kuantitatif dan uji regresi liniear berganda yang menggunakan populasi buruh borongan linting rokok di SKT Gebog,PT Djarum dengan jumlah sebanyak 65 responden. Dimana pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan oleh faktor masa kerja, upah dan usia terhadap produktivitas tenaga kerja buruh linting rokok di SKT Gebog, PT Djarum Kudus. Akan tetapi, untuk variabel usia memiliki kecenderungan yang negatif terhadap produktivitas tenaga kerja yang berarti bahwa terdapat penurunan produktivitas tenaga kerja seiring dengan penambahan usia dari buruh linting rokok di SKT Gebog, PT.Djarum Kudus. Sedangkan untuk variabel masa kerja dan upah memiliki kecenderungan yang positif terhadap produktivitas kerja yang berarti bahwa terdapat peningkatan produktivitas tenaga kerja seiring dengan bertambahnya masa kerja dan upah seorang buruh linting rokok di SKT Gebog, PT.Djarum Kudus.

References

Agus, MT. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Agustina. I. 2014. Analisis Pengaruh Gaji dan Tunjangan Kesejahteraan terhadap produktivitas kerja karyawan operation departement PT.Export Leaf Indonesia.Jurnal Paradigma 2014.
Amstrong, Michael, dan Helen Murlis. 1994. Reward Management Handbook of Remuneration Strategy & Practice. 3 rd ed. Engelwood Lift : Prentice –Hall, Inc..
Andrianto, R. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Pada Tenaga Kerja Pada Home Industri Sepatu Kota Surabaya (Studi Kasus Tenaga Kerja Bagian Produksi UKM Home Industri Sepatu UD.Perkasa Surabaya). Jurnal Ilmiah.
Aprilyanti. S. 2017. Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus : PT. OASIS Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri Vol 1 No 2 Desember 2017Hasibuan, M.S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Arfida, BR, MS. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia..
Firmansyah, Z. 2017. ANALISIS PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, DAN UPAH TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA. Economics Development Analysis Journal, 4(1), 91-97.Mangkunegara, A.P. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Hasanah, et al. 2011. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja pada Industri Rumah Tangga Krecek di Kelurahan Segoroyoso. Efektif Jurnal Bisnis dan Ekonomi, vol.2, no.2, hal. 169-182.
Herawati, Nur. 2013. “Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Pengalaman Kerja,Jenis Kelamin Dan Umur Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja IndustriShuttlecock Kota Tegal”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro..
Mahendra, A. D. 2014. Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Jenis Kelamin,Usia dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja (Studi di Industri Kecil Tempe di Kota Semarang). Doctoral Dissertation. Universitas Diponegoro Semarang..
PSimanjuntak, J. Payaman. 1985. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Penerbit FEUI ( Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ), Jakarta.
Susila. Et Al. 2016. Pengaruh Umur, Pengalaman Kerja, Upah, Teknologi, dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016).
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.
Sidanti, Heny. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi
Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat DPRD
Kreitner, R. and Kinicki, A. 2004. Organizational Behavior. Fifth Edition. McGraw
Hill. New York. Mulyati, Dewi S., et al. "Pengukuran Produktivitas Relatif dan Analisis Tingkat Upah terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Industri di Jawa Barat." Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, vol. 22, no. 2, 2006, pp. 185-205..
Widyastuti, Milda. 2003. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, Gaji Terhadap Produktivitas Karyawan Tetap Di Kantor Wilayah Pegadaian Malang. Skripsi. Fak Ekonomi. Universitas Brawijaya.
Widodo, UW. 1989. Produktivitas Tenaga Kerja. Malang : Lintasan Ekonomi Volume 6 No.2. Universitas Brawijaya
William F. Christopher & Carl G. Thor. 2002. Mutu dan Produktivitas Berkelas Dunia : Lima Belas Strategi Untuk Memperbaiki Kinerja. Pustaka Manajemen, Double Fish Jaya, Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan (KDT)..
Published
2020-11-10
How to Cite
Prayudo, A. (2020). ANALISIS PENGARUH MASA KERJA, UPAH DAN USIA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA BURUH BORONGAN LINTING ROKOK DI SKT GEBOG, PT.DJARUM KUDUS. JUBIS: Jurnal Bisnis, 1(1), 1-10. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jubis/article/view/311
Section
Articles