Pengaruh Social Media Marketing Facebook Terhadap Purchase Decision Konsumen Produk Sun Hope Nutrisi Indonesia Dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Prime Martugi Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Theresia Pradiani Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Fathorrahman Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v6i1.2715

Keywords:

Social Media Marketing, Purchase Decision, Trust

Abstract

Dampak pandemi Covid 19 yang bisa menginfeksi siapa saja tanpa memandang usia bahkan menelan banyak korban jiwa, membuat kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kesehatan meningkat. Terbukti pada masa pandemi, masyarakat berbondong-bondong memborong vitamin dan suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh. SUN HOPE merupakan perusahaan yang memproduksi suplemen dan multivitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dengan kualitas terjamin karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan memenuhi standar GMP (Good Manufacturing Practice). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Pengaruh  social media marketing terhadap purchase decision konsumen SUN HOPE. (2) Pengaruh social media marketing terhadap trust konsumen SUN HOPE. (3) Pengaruh trust terhadap purchase decision konsumen SUN HOPE. (4) Pengaruh social media marketing terhadap purchase decision melalui trust pada konsumen SUN HOPE. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory,  jumlah pengambilan sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 341 responden yang berumur minimal 17 tahun dan pernah mengkonsumsi produk SUN HOPE 2 bulan berturut-turut, Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Oktober 2022 – November 2022 yang diambil menggunakan questionare on line dengan bantuan Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Purchase Decision., (2) Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Trust., (3) Trust berpengaruh Positif terhadap Purchase Decision., (4) Social Media Marketing berpengaruh positif terhadap Purchase Decision melalui Trust.

References

Alfian, S., & Nilowardono, N. (2019). The influence of social media marketing instagram, word of mouth, and brand awareness of purchase decision on arthenis tour and travel. International Journal of Entrepreneurship and Business Development, 2(218–226), 2.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (Kesebelas). PT. Indeks.

Kotler, P., & Keller., K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). PT. Gelora.

Mowen, J. C., & Michael, M. (2002). Perilaku Konsumen (D. K. Yahya (ed.); Edisi ke 5). Erlangga.

Seo, E. J., & Park, J. W. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management, 66(September 2017), 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Martugi, P., Pradiani, T., & Fathorrahman. (2025). Pengaruh Social Media Marketing Facebook Terhadap Purchase Decision Konsumen Produk Sun Hope Nutrisi Indonesia Dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.32815/jubis.v6i1.2715