Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Kuliner Bakso Mawar di Kabupaten Dompu
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v6i1.2656Keywords:
Kuliner, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada UMKM Kuliner Bakso Mawar di Kabupaten Dompu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan Bakso Mawar. Sebanyak 100 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan diuji dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS V.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM Kuliner Bakso Mawar di Kabupaten Dompu. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan strategi pemasaran yang efektif serta peningkatan kepuasan pelanggan dapat menjadi faktor utama dalam meningkatkan daya saing dan loyalitas pelanggan dalam industri kuliner.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, S. (2020). Dampak pandemi Covid-19 bagi UMKM serta strategi e-marketing UMKM di Indonesia.
Aman, Y., Kustiani, L., Widiawati, D., & Zakiyah, W. (2024). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Online terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 9. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i12.14161
Andari, T. T., & Awaludin, A. J. (2018). Pengaruh experiential marketing terhadap minat beli produk umkm berbahan talas di kota bogor. Jurnal Visionida, 4(1), 56-65.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2018). Principles of marketing Edition. In: Pearson Education Limited.
AZ, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi Pada Pengguna Motor Honda Vario Di Kecamatan Muara Bulian). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 116-125.
Chaffey, D., Ellis-Chadwick, F., & Mayer, R. (2009). Internet marketing: strategy, implementation and practice. Pearson education.
Darado, S. A., Mangerongkonda, M. I., & Siahaan, R. J. (2023). Pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen pada tempat foto copy partidol Kota Sorong. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(3), 293-305.
Effendi, N. I., Harahap, D. F., Nelvia, R., & Marthika, L. D. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm di Kabupaten Bungo. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 469-480.
Febrian, A., & Vina Hapsari, C. (2019). Strategi pemasaran dalam mempengaruhi keputusan pembelian melalui niat sebagai mediasi. Buletin Studi Ekonomi. Vol, 24(2), 279-287.
Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian selama pandemi COVID-19 pada saat new normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46-62.
Gummesson, E. (2017). From relationship marketing to total relationship marketing and beyond. Journal of services marketing, 31(1), 16-19.
Hadiantini, R., Sarifiyono, A. P., & Maharani, H. (2023). Meningkatkan Kepuasan Konsumen melalui Consumer Taste Perception terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada UMKM Kuliner di Kota Bandung. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 13(1), 123-136.
Hamid, R. S. (2023). Peran Literasi Keuangan dan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 1635-1645.
Iglesias, O., Singh, J. J., & Batista-Foguet, J. M. (2011). The role of brand experience and affective commitment in determining brand loyalty. Journal of brand Management, 18, 570-582.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. In: Pearson Boston, MA.
Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa strategi marketing mix menggunakan konsep 4p (price, product, place, promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 5(2), 79-86.
Mukuan, K., Mandey, S. L., & Tampenawas, J. L. (2023). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di Rumah Makan Maji Ayam Geprek Cabang Jalan Bethesda Sario. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(4), 642-652.
Naninsih, N., & Hardiyono, H. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Menengah (Ukm) 310 Di Makassar. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1).
Nurhayati, S., & Ardianingsih, A. (2021). Analisis digitalisasi pemasaran berbasis sosial media untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah (UKM) di Pekalongan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1), 66-74.
Oliver, R. L. (1997). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer. In: McGraw-Hill.
Parment, A., Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of marketing: Scandinavian edition. Pearson Higher Ed.
Prabowo, F. I., Keke, Y., & Istidjab, B. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di pt sarana bandar logistik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 75-82.
Prastio, T. E., Khoiriyah, N., & Rianti, T. S. M. (2023). Kepuasan Konsumen terhadap Pembelian Keripik Tempe di UMKM Sanan Kota Malang. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 7(1), 57-64.
Putri, P. M., & Marlien, R. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.
Ryan, D. (2016). Understanding digital marketing: marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page Publishers.
Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari Udayana University].
Siswati, E., & Alfiansyah, R. (2020). Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner Berbasis Inovasi (Studi Pada Umkm Keripik Samiler Kasper Di Sidoarjo). IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 84-90.
Susanti, A. V., Taufik, R., & Yam, J. H. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bus Dengan Moderasi Promosi. JURNAL PEMANDHU, 2(3), 365-375.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, S. (2021). Pengaruh Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Kota Tangerang. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Aisyah, Ega Saiful Subhan, Rizky Ramadhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.