Peran Penting Afiliasi dan Influencer dalam Mengubah Perilaku Konsumen untuk Pemasaran Produk di Era Digital: Perspektif TikTok

Authors

  • Bahtyar Hardyansyah Syihab Universitas Bakti Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v6i1.2649

Keywords:

AFILIASI MARKETING, Influencer Marketing, Perilaku Konsumen, TikTok

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Afiliasi Marketing dan Influencer Marketing di TikTok terhadap perilaku konsumen dalam pemasaran produk di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden di Kabupaten Banyuwangi yang pernah melakukan pembelian produk melalui TikTok, baik dari tautan Afiliasi maupun rekomendasi Influencer. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa Afiliasi Marketing dan Influencer Marketing berpengaruh signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumen. Hasil uji F juga membuktikan adanya pengaruh signifikan secara simultan. Temuan ini menunjukkan bahwa kedua strategi tersebut efektif dalam mendorong perubahan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di TikTok.

Kata Kunci: Afiliasi Marketing, Influencer Marketing, Perilaku Konsumen, TikTok

References

Aina, Folahanmi. 2023. “Between ‘Victims’ and Their ‘Saviors’: Process-Based Leadership and Trust Building in Civil–Military Relations in Northern Nigeria.” Armed Forces and Society. doi: 10.1177/0095327X231187581.

Ardani, Wayan. 2022. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen.” Jurnal Tadbir Peradaban 2(1):40–47. doi: 10.55182/jtp.v2i1.102.

Birgithri, Andzelika, Tasya Syafira, and Natalia Louise. 2024. “Analisis Strategi Pemasaran UMKM Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Di Era Digital.” Technomedia Journal 9(1):117–29. doi: 10.33050/tmj.v9i1.2268.

Cortés-Quesada, José Antonio, and Arantxa Vizcaíno-Verdú. 2025. “Swipe, Interact, Engage: Analysis of Generation Alpha’s Consumer Behavior on TikTok.” Icono14 23(1):1–32. doi: 10.7195/ri14.v23i1.2183.

Edriasa, Alrom Trisena, and Rosdiana Sijabat. 2022. “Purchase Intention Short Video Marketing Tiktok : Studi Pada Boy Group BTS Tokopedia.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 12(1):27–40.

Lahtinen, Niko, Kimmo Pulkka, Heikki Karjaluoto, and Joel Mero. 2023. Digital Marketing Strategy.

Liu, Congying, Mingdi Jiang, and Zulqarnain Arshad Muhammad. 2024. “The Impact of TikTok Short Video Factors on Tourists’ Behavioral Intention among Generation Z and Millennials: The Role of Flow Experience.” PLoS ONE 19(12 December):1–23. doi: 10.1371/journal.pone.0315140.

Melkianus Albin Tuban. 2019. Manjemen Resiko Bisnis Era Digital. Vol. 11.

Mulyadi, Meyliana Tjan, Nur Laili Isnawati, and Catharina Aprilia Hellyani. 2023. “Analisis Tiga Dimensi Short Video Marketing Yang Mempengaruhi Purchase Intention Generasi Z.” Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan 1(3):233–43.

Octabella, Dea Denada, Sri Dwiyanti, Sri Usodoningtyas, and Dindy Sinta Megasari. 2021. “Review Beauty Influencer Dalam Pengambilan Keputusan Konsumen Terhadap Pemilihan Produk Kosmetik Kecantikan Di Surabaya.” Jurnal Tata Rias 10(3):145–53.

Sang, Vo Minh, Bui Duy Khuong, Ly Yen Nhi, Luong Gia Han, Thach Minh Giau, and Nguyen Thi Tuyet Ngoan. 2024. “The Impact of Food Reviewers on Purchase Intention in the Food and Beverage Industry: The Mediating Role of User Interaction.” Cogent Business and Management 11(1). doi: 10.1080/23311975.2024.2425706.

Santaolalla-Rueda, Pablo, and Cristóbal Fernández-Muñoz. 2024. “Potaxies and Fifes: The Formation of New Subcultures on TikTok.” Societies 14(12). doi: 10.3390/soc14120265.

Studi, Program, Ekonomi Islam, Universitas Negeri Surabaya, Program Studi, Ekonomi Islam, and Universitas Negeri Surabaya. 2024. “Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam E-ISSN: 2686-620X Halaman 11-23.” 7:11–23.

Suryana, D. 2023. “Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Brand Awareness UMKM Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Manajemen 28(1):1–15.

Downloads

Published

2025-06-09

How to Cite

Syihab, B. H. (2025). Peran Penting Afiliasi dan Influencer dalam Mengubah Perilaku Konsumen untuk Pemasaran Produk di Era Digital: Perspektif TikTok. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.32815/jubis.v6i1.2649