Pengaruh Digital Marketing dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada UD. Sahabat Tani
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v6i1.2634Keywords:
Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh digital marketing dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kepercayaan sebagai faktor mediasi. Populasi penelitian terdiri dari seluruh pelanggan UD. Sahabat Tani di Kabupaten Dompu yang bergerak di bidang pertanian. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel, dan menghasilkan 100 responden. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan diuji dengan metode Partial Least Squares (PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, e-WOM, dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Selain itu, e-WOM juga terbukti memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen. Namun, digital marketing tidak berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Selanjutnya, kepercayaan terbukti memediasi pengaruh positif e-WOM terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, kepercayaan tidak memediasi pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian.
References
Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal, 8(1 Special Issues), 30-45.
Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896-906.
Aisy, R. R. (2021). Pengaruh digital marketing dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian: Studi pada konsumen@ Scarlett_Whitening di Instagram Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim].
Ardani, R. T. A., Jupriyadi, J., Styawati, S., Saputra, A. W., & Basroni, A. (2022). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Memprediksi Merek Parfum Yang Terjual. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 3(1), 9-15.
Arnes, R. A., & Toto, R. (2020). The effect of profitability, liquidity, firm size and media exposure on corporate social responsibility disclosure in Indonesian non-banking state-owned enterprises. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 103(7), 140-148.
Arohman, S. I., Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Sosial Media dan E-Wom terhadap Keputusan Pembelian di Mediasi Kepercayaan (Studi pada Smartphone Xiaomi Daerah Istimewa Yogyakarta). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 499-510.
Aulia, T. (2023). Pengaruh kepercayaan, kemudahan penggunaan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee di Bandar Lampung. Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2(2), 58-69.
Bist, A. S. (2023). The importance of building a digital business startup in college. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 2(1), 31-42.
Busca, L., & Bertrandias, L. (2020). A framework for digital marketing research: investigating the four cultural eras of digital marketing. Journal of Interactive Marketing, 49(1), 1-19.
Choi, L. K., Panjaitan, A. S., & Apriliasari, D. (2022). The effectiveness of business intelligence management implementation in industry 4.0. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 1(2), 115-125.
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing.
Febiyanti, L., & Aqmala, D. (2022). Pengaruh E-Wom, Brand Image, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Grab Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis, 1(1), 28-39.
Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of marketing research, 18(1), 39-50.
Gefen, D., & Straub, D. W. (2004). Consumer trust in B2C e-Commerce and the importance of social presence: experiments in e-Products and e-Services. Omega, 32(6), 407-424.
Ghozali, I. (2014). Structural equation modeling, alternative method with partial least square (PLS). Semarang: Diponegoro University Publishing Agency.
Hair, J., Joe, F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European business review, 26(2), 106-121.
Harjadi, D., Suhardi, D., & Ayisiyah, N. (2019). Electronic-Word Of Mouth And Product Quality On Buying Interest Through Trust In Online Shops. Trikonomika, 18(2), 74-79.
Hidayatullah, M. R., & Dirgantara, I. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Dukungan Selebritas, Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Minat Beli Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Produk Fashion Levi’s Di Kota Semarang) Fakultas Ekonomika dan Bisnis].
Hisam, S. (2018). Digital Marketing: Pengertian Menurut Para Ahli (Manfaat-Kelebihan-Kekurangan).
Indiani, N. L., Sudiartini, N. W. A., & Utami, N. K. A. T. (2022). Pengaruh Brand Image, Awareness Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Pada Produk Dupa Harum Grosir. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(1), 152-163.
Irfansyah, M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 900-909.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Dasar-dasar pemasaran. Penerbit: Prenhalindo. In.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid dua. Penerbit: Erlangga, Jakarta.
Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD. id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(3), 1-13.
Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(2), 75-82.
Mandira, I. M. C., & Kusuma, P. S. A. J. (2022). Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Management And Accounting Expose, 5(1).
Nur, D. S., & Octavia, A. (2022). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai mediasi pada marketplace Shopee di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(2), 387-399.
Oktaviani, V. P., Suci, R. P., & Hermawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Customer Trust sebagai Vaariabel Mediasi (Studi pada Konsumen Perumahan Graha Singhajaya). Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 27-38.
Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.
Onsardi, O., Sonatasia, D., & Arini, E. (2019). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. ed. 4 Jakarta. Penerbit Erlangga.
Purwatiningsih, P. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Listrik di Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).
Rumagit, I. A., Lapian, S. J., & Tampenawas, J. L. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING, E-WOM, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI: KONSUMEN KOPI KENANGAN DI KOTA MANADO). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 1242-1252.
Saputro, W. A. (2020). Pengaruh Digital Marketing Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimoderasi Oleh Citra Perusahaan. Media Manajemen Jasa, 8(2).
Sarasvananda, I. B. G., Desnanjaya, I. G. M. N., Putra, I. D. P. G. W., & Iswara, I. B. A. I. (2025). OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK PERTANIAN MELALUI MARKETPLACE: STUDI KASUS KELOMPOK TANI CABAI NUSANTARA. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 179-183.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behaviour 7 th. Edition.
Siregar, A. I. (2023). Model Keputusan Pembelian Online Pasca Pandemi Covid-19 melalui Digital Marketing yang Dimediasi oleh Kepercayaan (Studi pada Masyarakat Kota Jambi). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 2474-2482.
Sitanggang, N. K., & Tjiptodjojo, K. I. (2025). Peran Pemasaran Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan. Journal of Business and Economics Research (JBE), Vol 6, No 1, 10-18.
Sobandi, A., & Somantri, B. (2020). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online. Winter Journal: Imwi Student Research Journal, 1(1), 41-52.
Solihin, D. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop mikaylaku dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.
Stefanny, N., Rahmiati, F., & Roni, M. (2022). The role of brand image and brand trust in mediating the influence of e-WOM on purchase decision (case of video-on-demand Netflix). IDEAS: Journal of Management & Technology, 2(1), 12-21.
Wildan, C., Djogo, Y. O., & Nurmartiani, E. (2024). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN ABON SAPI SALAKOPI CIANJUR). El-Ecosy: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 4(1), 65-83.
Wuisan, D. S. S., & Mariyanti, T. (2023). Analisa Peran Triple Helik dalam Mengatasi Tantangan Pendidikan di Era Industri 4.0. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(2), 123-132.
Yogastrian, I., & Imawati, I. (2020). Analisis pengaruh promosi, influencer, dan media sosial instagram terhadap keputusan pembelian produk sepatu (study kasus pada sepatu brand lokal) Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Yohansyah, F., & Rodhiah, R. (2022). Pengaruh e-WOM dan Persepsi Nilai terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood dengan Mediasi Kepercayaan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 4(1), 89-98.
Yulianto, M. R., & Soesanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan Dan Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Lazada. co. id di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 9(1).
Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siska Putri Darma Yanti, Ega Saiful Subhan, Fahrul Mauzu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.