PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SUAKA INSAN BANJARMASIN

Authors

  • Elisabeth Situngkir Institut Teknologi dan Bisnsis Asia Malang
  • Yunus Handoko Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Tin Agustina Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v5i2.2552

Keywords:

Citra Rumah Sakit, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan pasien

Abstract

Tercapainya kepuasan pasien menjadi salah satu ukuran keberhasilan pelayanan kesehatan khususnya Rumah Sakit. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa sejauh mana citra rumah sakit, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap terciptanya kepuasan pasien khususnya pasien rawat inap di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, populasi diambil adalah semua pasien rawat inap dan tidak sedang bekerjasama dengan perusahaan asuransi manapun. Dari 3000 orang pasien yang masuk dalam kriteria tersebut, jumlah sampel diperoleh setelah dihitung dengan rumus Slovin, sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dilaksanakan selama rentang waktu dua bulan. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda dan diolah dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesa dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua hipotesis dapat diterima, yaitu bahwa baik citra rumah sakit, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin, baik secara parsial maupun simultan.

References

Alwy, NA. (2008), Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD Haji Makasar). Tesis.Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program Studi Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin, 2018.

Dewi, SN & Sukesi. (2022). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan pada Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. DEI: JOURNAL EKONOMI & BISNIS, Vo.. 3, No. 1, Juni 2022: 9-21

Djohan, AJ. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasandan Kepercayaan untuk Mencapai Loyalitas Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Swasta di Kota Banjarmasin. Jurnal Aplikasi Manajemen. 13(2); 257-271.

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Situngkir, E., Handoko, Y., & Agustina, T. (2025). PENGARUH CITRA RUMAH SAKIT, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SUAKA INSAN BANJARMASIN. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). https://doi.org/10.32815/jubis.v5i2.2552