MEMBANGUN BRAND LOVE TERHADAP FASHION INDUSTRY: ANALISIS PERSPECTIVE VALUE DAN CONSUMER ENGAGEMENT DENGAN PENDEKATAN TINJAUAN SIT
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v5i2.2504Keywords:
brand loveAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi kecintaan konsumen terhadap industri fashion, dengan focus pada nilai perspektif dan keterlibatan konsumen. Melalui pendekatan model persamaan structural, hubungan antara nilai perspektif, keterlibatan konsumen, dan kecintaan terhadap merek dalam konteks industri fashion. Sampel yang dikumpulkan dalam penelitian ini sebesar 174 responden Data primer akan dikumpulkan melalui survei terhadap konsumen yang aktif di industri fashion, dan analisis statistic akan dilakukan menggunakan Smart PLS 4. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mengenai bagaimana perspektif konsumen terhadap nilai dan tingkat keterlibatannya yang dapat mempengaruhi tingkat kecintaan terhadap merek dalam industri fashion. Tujuannya ialah agar temuan penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan sistem yang lebih efisien dan berkelanjutan di industri fashion, serta menjadi landasan untuk penelitian lanjutan dalam bidang ini..
References
Adhikari, K. dan Panda, R.K. (2019) menulis tentang "The role of consumer-brand engagement towards driving brand loyalty: Mediating effect of relationship quality" dalam Journal of Modelling in Management.
Adhikari, K., & Panda, R.K. (2019). Meneliti pengaruh kecintaan merek dan citra merek terhadap keterlibatan pelanggan: Sebuah studi empiris merek pakaian fashion. Jurnal Pemasaran Mode Global, 7(1), 45-59.
Bairrada, C.M., Coelho, F. and Coelho, A. (2018), “Antecedents and outcomes of brand love: utilitarian and symbolic brand qualities”, European Journal of Marketing, Vol. 52 Nos 3/4, pp. 656-682.
Chen, Y., & Zhang, Y. (2023). The impact of brand relationship quality on consumer purchase intention: A study based on the mediating effect of brand trust and brand love. Journal of Business Research, 156, 1024-1033.
Eigenraam, A., et al. (2018). Consumer engagement in online activities. Journal of Marketing Research.
Fetscherin, M., Veloutsou, C. and Guzm_an, F. (2021), “Models for brand relationships”, Journal of Product & Brand Management, Vol. 30 No. 3, pp. 353-359.
Fournier, S., & Yao, X. (2016). Consumer-brand relationships. Routledge.
Hair, J. F. J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis, Multivariate Data Analysis. In Multivariate Data Analysis.
Islam, J. dan Rahman, Z. (2016c), “Meneliti pengaruh kecintaan merek dan citra merek terhadap keterlibatan pelanggan: Sebuah studi empiris merek pakaian fashion”, Jurnal pemasaran mode global, Vol. 7 No.1, hal.45-59.
Islam, JU, Rahman, Z. dan Hollebeek, LD (2018), “Keterlibatan konsumen dalam komunitas merek online: permohonan teori keselarasan”, Internet Research, Vol. 28 No.1, hal.23-45.
Karjaluoto, H., et al. (2016). The relationship between Brand Love and Positive Word of Mouth. Journal of Marketing Communications.
Kaufman, L., et al. (2016). The impact of Brand Love on Positive Word of Mouth. Journal of Consumer Behavior.
Machado, JC, Vacas-de-Carvalho, L., Azar, SL, Andre, AR dan Dos Santos, BP (2019), “Gender merek dan ekuitas merek berbasis konsumen di Facebook: peran mediasi keterlibatan konsumen-merek dan cinta merek”, Jurnal Riset Bisnis, Vol. 96, hal.376-385.
Oliver, R. L. (2019). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer. Routledge.
Palusuk, J., et al. (2019). Interactive experiences and brand love. Journal of Consumer Psychology.
Perwira, D. R. Y., Masnita, Y., Kurniawati, K., & Ali, J. K. (2024). Customer Engagement: Is It Important to Housing Purchase Intention?. Media Ekonomi dan Manajemen, 39(1), 23-41.
Song, S. and Kim, H.-Y. (2022), “Is social media marketing worth it for luxury brands? The dual impact of brand page satisfaction and brand love on word-of-mouth and attitudinal loyalty intentions”, Journal of Product & Brand Management, Vol. 31 No. 7, doi: 10.1108/JPBM-06-2020-2936.
Vernuccio, R., et al. (2015). Brand Love and its influence on Positive Word of Mouth. Journal of Marketing Research.
Widyanto, I., & Albetris, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 6(1), 138-145.
Zhang, S., Peng, MYP, Peng, Y., Zhang, Y., Ren, G. dan Chen, CC (2020), “Hubungan merek yang ekspresif, kecintaan terhadap merek, dan loyalitas merek untuk tablet pcs: membangun merek yang berkelanjutan ”, Frontiers dalam Psikologi, Vol. 11, hal.1-10.
BPS. (2016, Mei 20). Jumlah Penduduk dan Laju Pertumbuhan Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 2010, 2014, dan 2015. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (Online). http://jatim.bps.go.id
Bell, M., Bush, D., Nicholson, P., O'Brien, D., & Tran, T. (2002). Universities online: A survey of Online Education and Services in Australia. Canberra: Department of Education, Science and Training.
Fetherston, T. (2007). Becoming an Effective Teacher.Victoria: Thomson Learning.
Leonard, V. & LeBrasseur, R. (2008). Individual assignments and academic dishonesty: Exploring the conundrum. The Australian Educational Researcher, 35(1), 37-56.
Buckridge, M & Guest, R. (2007). A conversation about pedagogical responses to increased diversity in university classrooms [Electronic version]. Higher Education