PENGARUH MOTIVASI KERJA, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA GURU DI MTS NEGERI 2 MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2254Keywords:
motivasi kerja, kompetensi pendagogik, profesionalisme, kinerja guruAbstract
Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Tentu saja kinerja optimal dari guru muncul tidak begitu saja, ada banyak faktor yang melatarbelakangi kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru; 2) Mengetahui kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap kinerja guru; 3) Mengetahui pengaruh profesionalisme berpengaruh terhadap kinerja guru; 4) Mengetahui motivasi kerja, kompetensi pedagogik dan profesionalisme secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi pada penelitian ini berjumlah 39 Guru MTS Negeri 2 Maluku Tengah yang merupakan tenaga pengajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 39 orang. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: motivasi kerja, kompetensi pedagogik dan profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja Guru Pada MTS Negeri 2 Maluku Tengah.