ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MAHASISWA JURUSAN MANEJEMEN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA PADA APLIKASI TIKTOK SHOP

Authors

  • Minta Ito Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2115

Keywords:

Kata Kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap minat beli konsumen mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Islam Negeri Sumatera  Utara pada aplikasi Tiktok Shop. Peneliti sebelumnya telah melakukan pra-riset sesuai dengan permasalahan yang ingin diteliti yang menguatkan peneliti untuk menjadikan populasi pada penelitian ini yaitu hasil pra-riset menunjukkan bahwa 90% merupakan pengguna aplikasi TikTok Shop sehingga sesuai dengan kriteria penelitian ini. Teknik  pengambilan  sampel  pada  penelitian  ini  menggunakan metode non-probability sampling dan menggunakan purposeful sampling, yaitu melibatkan pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu untuk mengidentifikasi jumlah sampel yang tepat untuk dianalisis yaitu bersifat objektif dan harus representatif (mewakili). Penelitian  ini  menggunakan  data  primer  yang  diperoleh  dengan  menggunakan  kuesioner. Teknik analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh secara simultan serta secara parsial terhadap minat beli konsumen pada aplikasi TikTok Shop dikalangan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara adalah variabel Online Customer Review, dan Online Customer Rating secara parsial (individu) berpengaruh terhadap minat beli konsumen (variabel dependen)  pada aplikasi TikTok Shop.

References

Aisyah, Siti., Harahap, M. I., Nurbaiti, Rahma, T. I. F & Rahmani, N. A. B. (2020). “E-Commerce Trade In The Perspective Of Islamic Economy”. Journal of Management and Business Innovations. Vol. 2. No. 2. 6-12. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jombi/article/view/9425/4411.
Asiyah, O. T. P. S., & ABS, M. K. (2020). “Pengaruh Online Customer Review, Rating Toko Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang FEB jurusan Manajemen angkatan 2017)”. E – Jurnal Riset Manajemen.
Aslami, Nuri., Susanti, Neila., & Siregar, M. R. (2023). “Perilaku Konsumtif Mahasiswa Berbelanja di E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Gender”. Journal Islamic Economic & Financial Journal. Vol. 2 No. 1. 115-128.
Asmita, R.A., Nurbaiti & Putri, T. Y. (2021). “Analisis Strategi E-Business Dalam Meningkatkan Penjualan Dan Minat Beli Customer Di Shopee”. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif Enterpreneur.58-66.
Dennis, L., Ramdhana, F., Faustine, T.C.E., (2020). “Influence of online reviews and ratings on the purchase intentions of Gen Y consumers : The case of Tokopedia. International”. Journal of Management. 11 (6), 26-40. DOI : 10.34218/IJM.11.6.2020.003.
Filieri, R., Raguseo, E., Vitari, C. (2019). “What moderates the influence of extremely negative ratings? The role of review and reviewer characteristics”. International Journal of Hospitality Management. 77, 333-341. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.07.013.
Harahap, Muhammad Ikhsan & Ramadhan Ayyub. (2022). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Omzet Penjualan Smartphone di Toko D1one Acc Medan”. JIKEM. Vol. 2 No. 1, 1225-1233.
Muhammad Ariq Syah, F. I. (2020). “Analisis Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Kosmetik”. Diponegoro Journal Of Management. Vol. 9. No. 3, 1-9.
Nurbaiti, Maha, N., Rahma, T. I. F., & Wulandari, A. (2021). “Pengaruh E-Commerce Shopee pada Kualitas Layanan Shopee terhadap Loyalitas Pengguna Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kota Medan)”.Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 5. No. 3, 8600-8606.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Deepublish.
Saipulloh Fauzi, L. F. (2021). “Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce”. Jurnal Muhammdiyah Manajemen Bisnis, Vol. 2 No. 1.
Sarmis, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Pembelian Konsumen Pada Desa Sialang Jaya. 1, 2018–2021.
Yana Lisma & Padli. M. Irwan. (2022). “Pengaruh Promosi, Brand Ambasador Terhadap Minat Beli Konsumen Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Produk Bagi Pengguna Tokopedia Pada Mahasiswa UINSU”. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi. 2621-2331. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.43667.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Lubis, M. I., Nurbaiti, N., & Harahap, M. I. (2024). ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MAHASISWA JURUSAN MANEJEMEN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA PADA APLIKASI TIKTOK SHOP. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.32815/jubis.v5i1.2115