PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN MELAKUKAN TINDAKAN MEDIS DI ORTHOPEDI CENTRE RS EKA BSD TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v4i1.1802Keywords:
Price, Promotion, Service Quality and Consument DecisionAbstract
The research was carried out by means of a library study, filling out questionnaires with purposive sampling technique methods. In this study, it was determined that the population of patients who underwent medical procedures at the Orthopedic Center of EKA BSD TANGERANG Hospital was 696 patients, through the Slovin formula, a sample of 87 patients was obtained as respondents. The research data was then processed by quantitative methods with Multiple Linear Regression Analysis using SPSS 25. The results showed that each of the variables studied, namely Price, Promotion and Service Quality, each had a significant effect on the patient's decision to take medical action at EKA Hospital BSD Tangerang.
References
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amrullah, Pamasang S. Siburian, Saida Zainurossalamia ZA. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol.13 No. 2.
Annishia, Fristi Bellia & Eko Prastiyo. 2019. Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Best Western Premier the Hive Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata. Vol. 4 No. 1.
Anwar, Ahmad Saipul. 2018. Pengaruh Pelaksanaan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Jasa Akomodasi Studi Kasus Hotel Benteng Pekanbaru. JOM FISIP. Vol. 3, No. 2.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bustami, M.S. 2015. Penjaminan mutu pelayanan kesehatan & akseptabilitasnya. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Carunia Mulya Firdausy dan Rani Idawati 2017. Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. International Journal of management Science and Business Administration, Volume 3, Issue 2, January 2017, Pages 42-49.
Carla Tousalwa, Victor R. Pattipeilohy, 2017. Variabel Penentu Keputusan Pembelian Minyak Kayu Putih Cap MP di Kota Ambon. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis Vol. 2, No. 1.
Davita Wemona Azalia, Rizal Hari Magnadi, 2020. Analisis Faktor-faktor yang Memberi pengaruh Keputusan Pembelian pada Layanan Video on Demand (Studi Pada Pengguna Netflix). Diponegoro Journal of Management, Volume 9, Nomor 2, Tahun 2020, Halaman 1-12.
Desy Gusrita, Rose Rahmidani, 2018. Pengaruh Marketing Mix dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita di Kota Padang. Jurusan Pendidikan Ekonomi fakultas ekonomi, Universitas Negeri Padang, Volume 1, Nomor 4, 5 Desember 2018, 944
Echtar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Firmansyah, M. Anang. 2019.Pemasaran (Dasar dan Konsep). Cetakan Pertama. CV Penerbit Qiara Media. Jawa Timur.
Hariman. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pedistribusian terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada CV. Tjahaja Baru Bukitinggi, Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), Bukittinggi. Vol.1 No.1.
Hartini, Sri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap di Hotel Sakura Palangka Raya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol.3, No. 1.
Heni, Devi Anugrah, Bambang Mursito, dan Ratna Damayanti, 2020. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Transaksi, dan Promosi terhadap Pembelian Online Pengguna Situs Shopee, Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah. 18 (2): 146-150.
Hermawan, Retno & Rozi. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Harga Promosi terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Jember. Vol.15 N0.2.
Hurriyati, R. (2017). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Indriani, Eni. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga serta Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Paket Wisata Pada PT. Wahyu Prima Bintang Tour & Travel Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No.1.
Islamiyah, Dina, Rini Rahayu Kurniati, dan Dadang Krisdianto, 2020. Analisis Pengaruh Celerity Endorser Dan Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop, JIAGABI. 9 (1): 94-102.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2017. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2018. Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Lupiyoadi R, 2018. Managemen Pemasaran Jasa. (Praktek dan Teori).
Lydia Herlina Mal dan I Gede Agus Mertayasa, 2018. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online di Situs Traveloka.com pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika san Humaniora Universitas Dhyana Pura Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, Volume.13, Nomor 1, 28 Februari 2018.
Mahsyar & Surapati, 2020. Effects of Service Quality and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Economic, Business and Accounting Research Vol-4, Issue-1,2020 (IJEBAR).
Nashatul Mustafidah, 2020. Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Tempat, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Holland Mart Durenan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Ngo, V. M. 2015. Measuring customer satisfaction: a literature review. Proceedings of the 7th International Scientific Conference Finance and Performance of Firms in Science, Education and Practice,
Ofela, H. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
5(1): 1-15.
Oktafioni, Y. 2016. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Bawan Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Jurnal Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik universitas Riau.
Oroh, M.E. 2016. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulagi Manado.
Rares, Angelina & Rotinsulu Jopie Jorie. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA (Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi). Vol. 3 No. 2, Hal. 592-604.
Rendra Pradana Perkasa, Maulana Dzikril Hakim (2016) Firdaus, Amien Pudjanarso, 2021. Impact of Service Quality, Atmosphere of Store, Price and Word of Mouth on Purchase Decisions in Swiwings, Jember. Journal of Management and Business Aplication, Vol. 4, No.1, January 2021, page 399 -406
Rizal, Achmad. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat
Industri 4.0. Cetakan Pertama. Deepublish. Yogyakarta.
Saghier, N. & Nathan, D. 2018. Service quality dimensions and customers satisfactions of banks in egypt. International business research conference.
Simamora, Bilson. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi 1. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Siregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Depok: Rajagrafindo Persada.
Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual SPSS. Jakarta: Kencana.
Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrayani, (2019) judul penelitian “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PT. Kumala Celebes Motor Mazda Makassar.”. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Maulana Dzikril Hakim iyah Makassar.
Syaleh, Hariman, 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Tempat Pendistribusian terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha pada CV. Tjahaja Baru Bukittinggi, Journal of Economics, Business and Accounting (COSTING). 1(1):
Tajudin, Makhdaleva Hanura & Ade Sofyan Mulazid. 2017. Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 8 No. 1.
Tjiptono, F. 2018. Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tjiptono, F. 2017. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Publisher.