MANAJEMEN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KERJASAMA SISWA SMK KOSGORO 1 LAWANG
DOI:
https://doi.org/10.32815/jubis.v4i2.1798Keywords:
Manajemen Layanan Bimbingan Klasikal, Problem based learning, kerjasama peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan manajemen layanan bimbingan klasikal model Problem Based Learning dapat meningkatkan kerjasama peserta didik di kelas XI Bisnis Manajemen SMK Kosgoro 1 Lawang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI Bisnis Manajemen pada semester genap tahun ajaran2022/2023 yang berjumlah 32 orang. pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi berisi tingkah laku peserta didik selama kegiatan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan persentase 53,1% Kerjasama pada aspek interaksi social dan 43,7% Kerjasama pada aspek komunikasi efektif kemudian pada Siklus 2 meningkat menjadi baik dengan persentase 83,9% Kerjasama pada aspek interaksi social dan 89,2% Kerjasama pada aspek komunikasi efektif. Hasil observasi sikap kerjasama siswa pada siklus I dengan nilai 2,27% berada pada kategori cukup kemudian pada Siklus 2 meningkat menjadi 3,22% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan manajemen layanan bimbingan klasikal model Problem based learning (PBL) efektif dan dapat Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa di Kelas XI Bisnis Manajemen SMK Kosgoro 1 Lawang