PENGARUH SUASANA TOKO DAN DISKON TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE PASAR BESAR MALANG

  • Jelita Virliana Sandra Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Widiya Dewi Anjaningrum Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Keywords: Suasana Toko, Diskon, Pembelian impulsif

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan fesyen di Indonesia, fenomena tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis terutama bisnsi ritel. Dari banyak perusahaan retail yang masih berdiri dan bertahan hingga saat ini adalah Matahari Department Store. Matahari Department Store memiliki strategi dalam mempertahankan bisnisnya ialah dengan cara memiliki pengetahuan terhadap perilaku belanja konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan diskon terhadap pembelian impulsif pada konsumen Matahari Department Store Pasar Besar. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah Teknik accidental-purposive sampling dengan responden sampel berjumlah 100 orang. Hasil uji analisis regresi linier berganda menemukan bahwa suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif serta diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada Matahari Department Store Pasar Besar Malang.

Published
2021-12-28
How to Cite
Sandra, J., & Anjaningrum, W. (2021). PENGARUH SUASANA TOKO DAN DISKON TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE PASAR BESAR MALANG. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(2), 49-59. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.873
Section
Articles