PENGARUH SUASANA TOKO DAN DISKON TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE PASAR BESAR MALANG
DOI:
https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.873Keywords:
Suasana Toko, Diskon, Pembelian impulsifAbstract
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan fesyen di Indonesia, fenomena tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis terutama bisnsi ritel. Dari banyak perusahaan retail yang masih berdiri dan bertahan hingga saat ini adalah Matahari Department Store. Matahari Department Store memiliki strategi dalam mempertahankan bisnisnya ialah dengan cara memiliki pengetahuan terhadap perilaku belanja konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan diskon terhadap pembelian impulsif pada konsumen Matahari Department Store Pasar Besar. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah Teknik accidental-purposive sampling dengan responden sampel berjumlah 100 orang. Hasil uji analisis regresi linier berganda menemukan bahwa suasana toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif serta diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada Matahari Department Store Pasar Besar Malang.